• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PERILAKU PEMIMPIN TERHADAP KEPUASAN KERJA BAWAHAN PADA KANTOR PARIWISATA KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dhanang Bagus Anantha.pdf (720.6Kb)
    Date
    2016-01-21
    Author
    Anantha, Dhanang Bagus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya bergantung pada kinerja pegawai yang berdampak pada kinerja organisasi tersebut. Kinerja dipengaruhi oleh bagaimana perilaku dari pemimpin untuk mengarahkan bawahannya agar tujuan organisasi bisa tercapai. Salah satu faktor yang mempengaruhi Kepuasan kerja bawahan adalah dilihat dari perilaku pemimpin. Karena di dalam diri seorang pemimpin tersebut terdapat jiwa kepemimpinan yang dapat membangkitkan kepuasan kerja bawahan. Seperti yang terjadi pada Kantor Pariwisata Kabupaten Jember terdapat permasalahan berupa adanya ketidakpuasan yang menyebabkan tidak maksimalnya kinerja para bawahan, penyebab terbesar dari ketidakpuasan tersebut adalah dari perilaku pemimpin tersebut. Sehingga alasan mengapa penulis mengambil judul ini, karena ingin mengetahui bagaimana pengaruh perilaku pemimpin terhadap kepuasan kerja bawahan pada Kantor Pariwisata Kabupaten Jember. Kemudian konsep kepemimpinan yang penulis gunakan dalam penulisan ini adalah Studi kepemimpinan Universitas Iowa. Ronald Lippitt dan Ralph K. White berpendapat ada tiga gaya kepemimpinan, yaitu: otoriter, demokratis, liberal. Tujuan manusia dalam melakukan aktivitas kerja adalah untuk memenuhi kebutuhannya. Berbagai cara dilakukan oleh manusia dalam memperoleh suatu prestasi kerja yang baik. Dengan mendapatkan prestasi tersebut maka secara tidak langsung seorang pegawai akan mendapatkan imbalan yang sesuai dengan apa yang telah dilakukan dan berujung pada suatu kepuasan kerja tersendiri. faktor-faktor yang mendorong kepuasan kerja adalah kerja yang secara mental menantang, ganjaran yang pantas, kondisi kerja yang mendukung, dan rekan kerja yang mendukung Rancangan penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan mengambil data dari para responden menggunakan kuisioner. Penyebaran kuisioner dilakukan pada seluruh pegawai Kantor Pariwisata Kabupaten Jember sebanyak 25 orang bawahan. Untuk menganalisis pengaruh perilaku pemimpin terhadap kepuasan kerja bawahan digunakan analisis uji X2. Sehingga dapat diketahui bahwa perilaku pemimpin dapat mempengaruhi kepuasan kerja bawahan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71819
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository