dc.description.abstract | Membaca merupakan salah satu kemampuan pokok yang harus dibina dan
dikembangkan dalam pendidikan, dan sudah menjadi tugas seorang pendidik untuk
selalu memotivasi siswanya agar gemar membaca, karena dengan membaca
seseorang akan mendapat pengetahuan dan informasi baru. Dalam pembelajaran
membaca siswa diharapkan dapat menyimpulkan isi teks bacaan. Apabila siswa
mampu menyimpulkan isi teks bacaan maka siswa akan lebih mudah dalam
menjawab pertanyaan isi teks bacaan.
Dengan demikian kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi teks bacaan
perlu untuk ditingkatkan, agar siswa mampu memahami pokok-pokok isi bacaan
setiap paragraf dan mampu menulis cerita dengan imajinasinya sendiri. Usaha ini
dapat dilakukan guru dengan menggunakan media gambar sebagai penunjang dalam
proses pembelajaran yang baik. Penggunaan media pembelajaran mempunyai peranan
dan tujuan yang sangat penting dalam pembelajaran. Tujuan tersebut dapat terlaksana
apabila guru mampu mengelola suatu kegiatan pembelajaran dengan baik.
Dari hasil observasi di SDN Mangaran 03 ditemukan hasil kemampuan
menyimpulkan isi teks bacaan siswa masih rendah, dan kurangnya minat baca siswa
terhadap teks bacaan yang terdapat dalam buku paket di sekolah. Pada saat kegiatan
pembelajaran, siswa mengalami kesulitan menyimpulkan isi teks bacaan secara
menyeluruh. Seperti mengetahui nama tokoh, inti bacaan, kesimpulan bacaan, pesan
moral serta menulis kembali isi teks bacaan dengan kalimat sendiri.
Penggunaan media gambar ilustrasi merupakan salah satu cara untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya dalam menyimpulkan isi teks bacaan. Penggunaan media ilustrasi dapat memperkaya visual, mengembangkan daya
imajinasi anak, dan membantu siswa untuk menyimpulkan isi teks bacaan, selain itu
dengan adanya media gambar yang menarik dapat membuat siswa lebih besemangat
mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, peneliti ini mengangkat
permasalahan: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran menyimpulkan isi teks bacaan
menggunakan gambar ilustrasi, (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas II SDN
Mangaran 03 sesudah menggunakan gambar ilustrasi. Berdasarkan rumusan masalah
di atas, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran
menyimpulkan isi teks bacaan menggunakan gambar ilustrasi siswa kelas II SD
Negeri Mangaran 03, (2) mendeskripsikan hasil belajar menyimpulkan isi teks bacaan
sesudah menggunakan gambar ilustrasi siswa kelas II SDN Mangaran 03. Penelitian
ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks bacaan melalui
gambar ilustrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, tes, dan wawancara.
Analisis data terhadap hasil belajar siswa Pada keterampilan membaca siklus
I, siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu sebanyak 20 siswa dan
ketuntasan kelas mencapai 65 %. Pada siklus II mengalami peningkatan, siswa yang
telah mencapai ketuntasan belajar individu sebanyak 25 dan ketuntasan kelas
mencapai 81 %. Pada keterampilan menyimpulkan isi teks bacaan pada pelaksanaan
siklus I, siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu sebanyak 19 siswa
dan ketuntasan kelas mencapai 61 %. Pada siklus II mengalami peningkatan, siswa
yang telah mencapai ketuntasan belajar individu sebanyak 26 dan ketuntasan kelas
mencapai 84 %. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus II, maka dapat
dikatakan bahwa siswa kelas II SDN Mangaran 03 telah mencapai ketuntasan belajar
secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 75%
siswa yang telah mencapai ≥ 75. Agar pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menyimpulkan isi teks bacaan
sesuai dengan tujuan yang diharapkan maka disarankan sebagai berikut.
1) Bagi sekolah, disarankan agar memberikan fasilitas berupa media pembelajaran
yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.
2) Bagi Guru SDN Mangaran 03, disarankan agar menggunakan media
pembelajaran secara tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
3) Bagi Peneliti lain, disarankan agar memahami terlebih dahulu pendekatan,
strategi, metode dan teknik yang akan digunakan dalam pembelajaran, supaya
dalam penerapannya siswa menjadi pihak yang diuntungkan, dalam artian bahwa
siswa tidak terhambat dalam beraktifitas selama mengikuti pembelajaran | en_US |