Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, H. Hari
dc.contributor.advisorParto
dc.contributor.authorTrianto, Danny Rosdi
dc.date.accessioned2016-01-21T00:51:45Z
dc.date.available2016-01-21T00:51:45Z
dc.date.issued2016-01-21
dc.identifier.nim070210204204
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71808
dc.description.abstractMembaca merupakan salah satu kemampuan pokok yang harus dibina dan dikembangkan dalam pendidikan, dan sudah menjadi tugas seorang pendidik untuk selalu memotivasi siswanya agar gemar membaca, karena dengan membaca seseorang akan mendapat pengetahuan dan informasi baru. Dalam pembelajaran membaca siswa diharapkan dapat menyimpulkan isi teks bacaan. Apabila siswa mampu menyimpulkan isi teks bacaan maka siswa akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan isi teks bacaan. Dengan demikian kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi teks bacaan perlu untuk ditingkatkan, agar siswa mampu memahami pokok-pokok isi bacaan setiap paragraf dan mampu menulis cerita dengan imajinasinya sendiri. Usaha ini dapat dilakukan guru dengan menggunakan media gambar sebagai penunjang dalam proses pembelajaran yang baik. Penggunaan media pembelajaran mempunyai peranan dan tujuan yang sangat penting dalam pembelajaran. Tujuan tersebut dapat terlaksana apabila guru mampu mengelola suatu kegiatan pembelajaran dengan baik. Dari hasil observasi di SDN Mangaran 03 ditemukan hasil kemampuan menyimpulkan isi teks bacaan siswa masih rendah, dan kurangnya minat baca siswa terhadap teks bacaan yang terdapat dalam buku paket di sekolah. Pada saat kegiatan pembelajaran, siswa mengalami kesulitan menyimpulkan isi teks bacaan secara menyeluruh. Seperti mengetahui nama tokoh, inti bacaan, kesimpulan bacaan, pesan moral serta menulis kembali isi teks bacaan dengan kalimat sendiri. Penggunaan media gambar ilustrasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya dalam menyimpulkan isi teks bacaan. Penggunaan media ilustrasi dapat memperkaya visual, mengembangkan daya imajinasi anak, dan membantu siswa untuk menyimpulkan isi teks bacaan, selain itu dengan adanya media gambar yang menarik dapat membuat siswa lebih besemangat mengikuti pembelajaran. Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, peneliti ini mengangkat permasalahan: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran menyimpulkan isi teks bacaan menggunakan gambar ilustrasi, (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas II SDN Mangaran 03 sesudah menggunakan gambar ilustrasi. Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menyimpulkan isi teks bacaan menggunakan gambar ilustrasi siswa kelas II SD Negeri Mangaran 03, (2) mendeskripsikan hasil belajar menyimpulkan isi teks bacaan sesudah menggunakan gambar ilustrasi siswa kelas II SDN Mangaran 03. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi teks bacaan melalui gambar ilustrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Analisis data terhadap hasil belajar siswa Pada keterampilan membaca siklus I, siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu sebanyak 20 siswa dan ketuntasan kelas mencapai 65 %. Pada siklus II mengalami peningkatan, siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu sebanyak 25 dan ketuntasan kelas mencapai 81 %. Pada keterampilan menyimpulkan isi teks bacaan pada pelaksanaan siklus I, siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu sebanyak 19 siswa dan ketuntasan kelas mencapai 61 %. Pada siklus II mengalami peningkatan, siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu sebanyak 26 dan ketuntasan kelas mencapai 84 %. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus II, maka dapat dikatakan bahwa siswa kelas II SDN Mangaran 03 telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 75% siswa yang telah mencapai ≥ 75. Agar pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menyimpulkan isi teks bacaan sesuai dengan tujuan yang diharapkan maka disarankan sebagai berikut. 1) Bagi sekolah, disarankan agar memberikan fasilitas berupa media pembelajaran yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. 2) Bagi Guru SDN Mangaran 03, disarankan agar menggunakan media pembelajaran secara tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 3) Bagi Peneliti lain, disarankan agar memahami terlebih dahulu pendekatan, strategi, metode dan teknik yang akan digunakan dalam pembelajaran, supaya dalam penerapannya siswa menjadi pihak yang diuntungkan, dalam artian bahwa siswa tidak terhambat dalam beraktifitas selama mengikuti pembelajaranen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKemampuan Menyimpulkan Isi Teks Bacaan melalui Gambar Ilustrasien_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BACAAN MELALUI MEDIA GAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS II SD NEGERI MANGARAN 03 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record