dc.description.abstract | Sistem pendidikan dewasa ini telah mengalami kemajuan yang sangat
pesat. Melalui teknologi informasi dan komunikasi telah banyak digunakan dalam
proses belajar mengajar, dengan satu tujuan mutu pendidikan akan selangkah lebih
maju.
Berdasarkan pada observasi awal yang telah dilakukan di SKB Bondowoso
khususnya pada kejar paket C, proses pembelajaran yang berlangsung hanya
melibatkan media pajang/pamer saja, kurang memanfaatkan media lain yang dapat
menunjang dan merangsang warga belajar untuk belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimanakah Penggunaan
Multimedia Berbasis Komputer Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar
Program Kejar Paket C Kelas X di SKB Bondowoso Tahun 2014. Maka tujuan
penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer di SKB
Bondowoso Tahun 2014. Dan manfaat bagi peneliti untuk menambah ilmu
pengetahuan tentang penggunaan multimedia berbasis komputer sebagai upaya
meningkatkan motivasi belajar.
Dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif karena
penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar program kejar paket c
kelas x. Daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive area yaitu UPTD
Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso. Penentuan informan dalam penelitian ini
menggunakan snowball sampling dengan menggunakan metode pengumpulan data :
wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan pendukung (pamong
belajar) dan informan kunci (warga belajar) paket c kelas x di UPTD SKB Kabupaten
Bondowoso. Dengan menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian :
Perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamatan, dan Triangulasi. Analisis data
dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik yaitu membandingkan
dan mengoreksi kembali derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui
sumber dan teknik yang berbeda untuk mencapai tujuan penelitian.
Temuan penelitian dari beberapa pernyataan informan kunci dan informan
pendukung dapat diketahui bahwa yang terpenting dalam menentukan sebuah media
itu disesuaikan dengan pembelajaran yang akan diselenggarakan agar sesuai dengan
tujuan pembelajaran sehingga dapat berjalan dengan baik. sebagian besar dari mereka
menyatakan mudah dimengerti, Jelas dan mampu menarik minat warga belajar
sehingga motivasi warga belajar dalam penggunaan multimedia berbasis komputer
sebagai media pembelajaran semakin besar dan waktu yang digunakan dalam
pembelajaran semakin efektif.
Kesimpulan penelitian yang dilakukan pada warga belajar di UPTD Sanggar
Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso bahwa sebagian besar dari mereka
menyatakan tepat dengan adanya penggunaan media pembelajaran berbasis
komputer. Media yang dipilih dan digunakan dapat membantu untuk mempermudah
dalam proses pembelajaran pada warga belajar. Penggunaan multimedia yang
digunakan peneliti mampu menarik minat warga belajar sehingga motivasi untuk
memperhatikan pelajaran semakin besar.
Saran untuk warga belajar hendaknya lebih giat belajar dan dapat
menumbuhkan motivasi dalam semua pelajaran. kepada pamong belajar hendaknya
lebih inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Penggunaan strategi maupun
media yang bervariasi akan menimbulkan motivasi belajar yang tinggi bagi warga
belajar. | en_US |