Show simple item record

dc.contributor.advisorAT Hendrawijaya
dc.contributor.advisorImsiyah, Niswatul
dc.contributor.authorRafiq, Is Adur
dc.date.accessioned2016-01-20T07:56:33Z
dc.date.available2016-01-20T07:56:33Z
dc.date.issued2016-01-20
dc.identifier.nim070210201092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71795
dc.description.abstractSistem pendidikan dewasa ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Melalui teknologi informasi dan komunikasi telah banyak digunakan dalam proses belajar mengajar, dengan satu tujuan mutu pendidikan akan selangkah lebih maju. Berdasarkan pada observasi awal yang telah dilakukan di SKB Bondowoso khususnya pada kejar paket C, proses pembelajaran yang berlangsung hanya melibatkan media pajang/pamer saja, kurang memanfaatkan media lain yang dapat menunjang dan merangsang warga belajar untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimanakah Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Program Kejar Paket C Kelas X di SKB Bondowoso Tahun 2014. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer di SKB Bondowoso Tahun 2014. Dan manfaat bagi peneliti untuk menambah ilmu pengetahuan tentang penggunaan multimedia berbasis komputer sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar. Dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar program kejar paket c kelas x. Daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive area yaitu UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling dengan menggunakan metode pengumpulan data : wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan pendukung (pamong belajar) dan informan kunci (warga belajar) paket c kelas x di UPTD SKB Kabupaten Bondowoso. Dengan menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian : Perpanjangan keikutsertaan, Ketekunan pengamatan, dan Triangulasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik yaitu membandingkan dan mengoreksi kembali derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber dan teknik yang berbeda untuk mencapai tujuan penelitian. Temuan penelitian dari beberapa pernyataan informan kunci dan informan pendukung dapat diketahui bahwa yang terpenting dalam menentukan sebuah media itu disesuaikan dengan pembelajaran yang akan diselenggarakan agar sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga dapat berjalan dengan baik. sebagian besar dari mereka menyatakan mudah dimengerti, Jelas dan mampu menarik minat warga belajar sehingga motivasi warga belajar dalam penggunaan multimedia berbasis komputer sebagai media pembelajaran semakin besar dan waktu yang digunakan dalam pembelajaran semakin efektif. Kesimpulan penelitian yang dilakukan pada warga belajar di UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bondowoso bahwa sebagian besar dari mereka menyatakan tepat dengan adanya penggunaan media pembelajaran berbasis komputer. Media yang dipilih dan digunakan dapat membantu untuk mempermudah dalam proses pembelajaran pada warga belajar. Penggunaan multimedia yang digunakan peneliti mampu menarik minat warga belajar sehingga motivasi untuk memperhatikan pelajaran semakin besar. Saran untuk warga belajar hendaknya lebih giat belajar dan dapat menumbuhkan motivasi dalam semua pelajaran. kepada pamong belajar hendaknya lebih inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Penggunaan strategi maupun media yang bervariasi akan menimbulkan motivasi belajar yang tinggi bagi warga belajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTERen_US
dc.subjectMOTIVASI BELAJARen_US
dc.subjectKEJAR PAKET Cen_US
dc.titlePENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C KELAS X DI SKB BONDOWOSO TAHUN 201en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record