Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarno
dc.contributor.advisorSumardi
dc.contributor.authorHolis, Abdul
dc.date.accessioned2016-01-20T06:33:55Z
dc.date.available2016-01-20T06:33:55Z
dc.date.issued2016-01-20
dc.identifier.nim080210302029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71783
dc.description.abstractPembelajaran yang tepat akan menentukan tercapainya kompetensi dasar sesuai dengan tuntutan kurikulum. Peneliti melakukan pengamatan terhadap Peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN I Leces pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Peserta didik cenderung pasif bahkan ada yang berbicara sendiri dengan teman sebangku dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Hal ini disebabkan dalam memberikan materi pelajaran pendidik hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan kepada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah model Polya dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMAN I Leces tahun ajaran 2013-2014. (2) Apakah penerapan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN I Leces tahun ajaran 2013-2014. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN I Leces tahun pelajaran 2013-2014 dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN I Leces Tahun pelajaran 2013-2014 dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI I IPS I SMAN I Leces, dengan jumlah 38 orang peserta didik. Desain dari penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode observasi, wawancara tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menunjukan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar ada peningkatan. Pada siklus I besarnya persentase Aktivitas belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan dengan besarnya persentase aktivitas belajar peserta didik dari pembelajaran I dan II masing-masing 66,25% dan 74,375% meningkat sebesar 8,125% dan termasuk dalam kategori Cukup aktif dengan jumlah peserta didik pada pembelajaran 1 dan II masing-masing sebesar 27 peserta didik dengan nilai ≤ 75 dan 18 peserta didik dengan nilai ≤ 75. Pada siklus II besarnya persentase aktivitas peserta didik secara klasikal meningkat masing-masing 78,125% dan 80,625% meningkat menjadi 2.5 % dan termasuk dalam kategori aktif. Dengan demikian aktivitas belajar peserta didik secara keseluruhan pada siklus I dan II dapat dinyatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum diadakan suatu tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I besarnya persentase hasil belajar peserta didik 76% dan pada siklus II mencapai 80% naik 4%. Kesimpulan hasil penelitian : (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar penerapan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN I Leces. (2) terdapat peningkatan hasil belajar Penerapan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN I Leces yaitu pada siklus 1 dan II. Setelah melakukan penelitian persiklus serta melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar sejarah dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAHen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTLen_US
dc.subjectBERBASIS MASALAH MODEL POLYAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MASALAH MODEL POLYA PADA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 LECES TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record