dc.description.abstract | Pelaksanaan pembelajaran matematika SD dalam proses belajar
mengajarnya harus diciptakan secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan
menyenangkan melalui pendekatan matematika realistik, serta didukung
kompetensi guru untuk mengelola proses belajar mengajar dengan menggunakan
pendekatan matematika realistik secara edukatif. Kondisi SD menunjukkan belum
dilaksanakan atau digunakan pendekatan matematika realistik secara optimal
untuk pembelajaran pembagian dua bilangan, termasuk di SD Islam Al–
Khairiyah, Banyuwangi. Karenanya dilaksanakan penelitian tindakan kelas.
Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran konsep pembagian dua bilangan dengan menggunakan pendekatan
Matematika Realistik.Hipotesisnya, jika prosedur pelaksanaan pengajaran pembagian duabilangan disajikan menggunakan pendekatan matematika realistik makapemahaman siswa akan konsep dasar pada pembagian dua bilangan akan
meningkat dari sebelumnya.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakanmetode deskriptif kualitatif model siklus dengan langkah: perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas II E SD IslamAl–Khairiyah, Banyuwangi. Pada semester II tahun 2012. Pengumpulan datadengan observasi aktivitas siswa selama tindakan dan hasil belajar siswa.
Hasilnya: penggunaan pendekatan matematika realistik dapat
meningkatkan pemahaman konsep pembagian dua bilangan; pelaksanaan
pendekatan matematika realistik dapat dilakukan dengan kegiatan matematisasi;
hambatan yang dialami adalah keterbatasan waktu, bahan/alat peraga, serta
kemampuan guru dan siswa.Kesimpulan: Penanganan masalah yang dihadapi siswa kelas II E SDIslam Al–Khairiyah dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PembagianDua Bilangan melalui Pendekatan Matematika Realistik perlu dilakukan secaraterencana, sistematis dan berkelanjutan sehingga secara bertahap siswa menguasaikompetensi yang berhubungan dengan kegiatan matematisasi dunia nyata. | en_US |