dc.description.abstract | Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi implementasi bauran promosi pada
usaha clothing Jember Banget. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah pimpinan, wakil pimpinan,
dan karyawan usaha clothing Jember Banget, serta dua konsumen yang bersedia untuk
dijadikan narasumber. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis
taksonomi. Hasil penelitian menerangkan bahwa usaha clothing Jember Banget
mengimplementasikan bauran promosi melalui periklanan, promosi penjualan, penjualan
pribadi, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Media periklanan yang digunakan
melalui yaitu billboard, website, instagram, twitter, dan fanspage. Promosi penjualan yang
dijalankan terdiri atas kontes dan lomba desain kaos. Beberapa kegiatan hubungan masyarakat
dengan mengadakan kegiatan bakti sosial, sponsorship, hari ulang tahun Jember Banget, dan
kegiatan lain yang berhubungan dengan masyarakat banyak. Kegiatan penjualan pribadi
dilaksanakan oleh pramuniaga yang bertatap muka secara langsung dengan konsumen, serta
melaksanakan kegiatan pameran, sedangkan untuk pemasaran langsung diimplementasikan
melalui Blackberry Messanger dan WhatsApp. | en_US |