ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK) DI SATUAN INTELKAM POLRES JEMBER
Abstract
Pelayanan umum atau pelayanan public merupakan salah satu tugas yang
harus dijalankan oleh suatu aparatur pemerintahan. Satuan Intelkam yang merupakan
bagian dari Polres Jember adalah lembaga pelayanan publik yang melaksanakan
pelayanan mengenai pelayanan permohonan pembuatan Surat Keterangan Catatan
Kepolisian (SKCK), harus memberikan pelayanan yang berkualitas sehingga dapat
mencapai kepuasan pelanggan. Apalagi pelayanan ini sangat penting karena berkaitan
dengan kebutuhan masyarakat untuk melamar pekerjaan, pindah tempat atau
mengikuti tes baik tes CPNS ataupun tes militer. Dalam penelitian ini, rumusan
masalah yang digunakan adalah bagaimana kualitas pelayanan Surat Keterangan
Catatan Kepolisian (SKCK) di Satuan Intelkam Polres Jember.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis
Kualitas Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Satuan Intelkam
Polres Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan
data kuantitatif. Sampel yang diambil berjumlah 97 responden pemohon Surat
Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dengan menggunakan tekhnik accidental
sampling. Penelitian ini dilakukan di Unit Satuan Intelkam Polres Jember pada
tanggal 17 Juni 2008 sampai dengan 17 Agustus 2008. Pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, kuisioner, dokumentasi dan studi pustaka.
Analisis data yang dipergunakan oleh penulis yakni menggunakan analisis
ServQual (Service Quality) dari Parasuranman dkk, yaitu dengan menghitung skor
harapan dengan persepsi pemohon. Pengukuran tingkat kualitas pelayanan dalam
model analisis ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur
harapan dan persepsi pelanggan. Kesenjangan antara persepsi dan harapan tersebut
dilihat berdasarksan lima dimensi yaitu: Bukti Langsung (tangibles), Keandalan
(Reliability), Daya tanggap (responsiveness ), Jaminan (Assurance) dan Empati
(Emphaty).
Hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan dengan metode ServQual
diketahui bahwa kualitas pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian di Satuan
Intelkam Polres Jember memiliki skor negative untuk dimensi Bukti Langsung
(tangibles) dan Keandalan (Reliability) Hasil tersebut termasuk gap negatif yang
berarti harapan pemohon lebih besar dengan realita / persepsi yang dirasakan oleh
pemohon sehingga kualitas pelayanan SKCK pada Satuan Intelkam Polres Jember
pada kedua dimensi tersebut dikatakan tidak baik. Untuk skor positif terdapat pada
dimensi Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Empati (Emphaty).
Hasil tersebut termasuk gap positif yang berarti persepsi yang dirasakan melebihi
harapan yang diinginkan, sehingga kualitas pelayanan pada Satuan Intelkam Polres
Jember padaketiga dimensi tersebut dikatakan sangat baik.