Studi Korelasi Tingkat Kemampuan Awal dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Biologi
Abstract
Terjadinya suatu perubahan dari proses belajar tergantung pada dua faktor, yaitu faktor dari dalam diri siswa, dalam hal ini tingkat kemampuan awal dan minat belajar, sedangkan faktor dari luar siswa yaitu lingkungan. Keberhasilan siswa dalam belajar banyak dipengaruhi oleh tingkat kemarnpuan awal dari siswa. Disamping itu minat juga berperanan penting pada siswa dalam proses belajar, karena dengan adanya minat akan menimbulkan suatu proses belajar yang disertai rasa senang, perhatian, kesadaran dan kemauan. Minat belajar siswa dapat ditumbuhkan dengan melibatkan siswa secara aktif positif dalam proses belajar mengajar.
Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah ( 1 ). Adakah korelasi yang signifikan antara tingkat kemampuan awal terhadap basil belajar biologi, (2). Adakah korelasi yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap basil belajar biologi dan (3). Adakah korelasi yang signifikan antara tingkat kemampuan awal dan minat belajar siswa terhadap basil belajar biologi. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui adanya korelasi yang signifikan antara tingkat kemampuan awal terhadap basil belajar biologi, (2). Untuk mengetahui adanya korelasi yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap basil belajar biologi dan (3). Untuk mengetahui adanya korelasi yang signifikan antara tingkat kemampuan awal dan minat belajar siswa terhadap basil belajar biologi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif jenis studi korelasi yang menggunakan sampel 2 kelas dengan jumlah responden 96 siswa. Tempat penelitian di SMPN 06 Jember kelas VIlI khususnya Vlll D dan kelas