• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA KINERJA TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BAYUANGGA KECAMATAN KADEMANGAN KOTA PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Maya Khoirul Umami_01.pdf (386.1Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Maya Khoirul Umami
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pentingnya peranan Pendidikan Luar Sekolah dalam kehidupan, menuntut semakin diperlukannya peningkatan pembelajaran Luar Sekolah salah satunya program Kejar Paket B setara SMP. Program Kejar Paket B ini merupakan salah satu pendidikan alternatife untuk mendukung mensukseskan Wajib Belajar 9 Tahun. Tutor memiliki peranan yang penting dalam mensukseskan program Wajib Belajar 9 Tahun. Peran tutor di antaranya sebagai sumber belajar yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan suatu pola kegiatan belajar, di mana sumber belajar mempunyai dua peran yaitu sebagai warga kelompok belajar dan sebagai pemimpin kegiatan belajar. Tutor sebagai pemimpin dalam kegiatan belajar selain melakukan penjelasan dan memperjelas tujuan belajar sesuai tujuan belajar warga belajar juga memberikan motivasi terhadap warga belajar sehingga menumbuhkan dorongan untuk belajar lebih baik. Rumusan masalah yang timbul dari latar belakang yang ada yaitu adakah hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar kejar paket B di PKBM Bayuangga Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B di PKBM Bayuangga Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan di atas yaitu dengan metode kuantitatif karena penelitian ini bertujuan ingin menghubungkan antara dua variabel yang berkaitan dengan kinerja tutor dan motivasi belajar warga viii belajar. Jumlah Responden 10 orang dengan teknik systematic purpossive sampling. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari angket untuk motivasi belajar yang diberikan kepada warga belajar dan observasi untuk kinerja tutor yang dilakukan oleh peneliti sendiri kepada tutor sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Tata Jenjang dengan alasan karena jumlah responden dalam penelitian ini kurang dari 30 orang yaitu berjumlah 10 orang. Hipotesis nihil dalam penelitian ini yaitu tidak ada hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar warga belajar Kejar Paket B.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7146
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository