PENGARUH CITRA MEREK DAN KESADARAN LABEL HALAL PRODUK KOSMETIK LA TULIPE TERHADAP MINAT KONSUMEN UNTUK MEMBELI ULANG DI KOTA BANYUWANGI
Abstract
Minat membeli ulang merupakan niat untuk melakukan pembelian ulang
dimasa depan. Minat beli ulang mencerminkan tingkat kepuasan konsumen dalam
mengkonsumsi suatu produk, sehingga konsumen memiliki keinginan untuk
mengkonsumsi produk itu kembali. Faktor-faktor yang mendorong atau
memengaruhi minat membeli ulang terhadap suatu produk atau jasa ada brand
image dan kesadaran label halal. Brand image atau citra merek adalah anggapan
tentang merek yang direfleksikan konsumen yang berpegang pada ingatan
konsumen. Citra yang baik tentang produk akan menguntungkan perusahaan
karena konsumen secara tidak disadari akan merekomendasikan produk kepada
orang lain. Sebaliknya citra yang buruk tentang produk akan membuat konsumen
menyebarkan informasi tersebut kepada orang lain. Kesadaran label Halal adalah
kecendrungan individu (kecendrungan sadar) untuk percaya pada kualitas merek
atau atribut dalam kemasan berlabel halal yang sangat penting dalam hubungan
konsumer merek.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand
image terhadap minat membeli ulang produk kosmetik La Tulipe di Kota
Banyuwangi dan untuk menganalisis kesadaran label halal terhadap minat
membeli ulang produk kosmetik La Tulipe di Kota Banyuwangi. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat Banyuwangi yang merupakan konsumen
kosmetik La Tulipe. Jumlah populasi konsumen kosmetik La Tulipe yang ada di
Banyuwangi tidak diketahui. Jumlah sampel akan dipecah-pecah menjadi
beberapa bagian. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah minimal 110
responden, yang diperoleh dari seluruh variabel indikator yang digunakan
dikalikan dengan 10. Karena dalam kajian ini jumlah indikator dalam variabel
laten seluruhnya berjumlah 11. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi dengan pendekatan konfirmatori
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh citra
merek dan kesadaran label halal produk kosmetik La Tulipe terhadap minat
konsumen untuk membeli ulang di kota Banyuwangi, maka dapat diambil
beberapa kesimpulan sebagai berikut: a). brand image berpengaruh positif
signifikan terhadap minat membeli ulang produk kosmetik La Tulipe di kota
Banyuwangi. Dengan demikian hipotesis pertama yang menyatakan bahwa ada
pengaruh signifikan antaran brand image terhadap minat membeli ulang produk
kosmetik La Tulipe di kota Banyuwangi diterima. Keseluruhan persepsi brand
image responden terhadap kosmetik merek La Tulipe terbentuk berdasarkan
asosiasi merek. dukungan asosiasi merek, keunikan asosiasi merek.b). kesadaran
label halal berpengaruh positif signifikan terhadap minat membeli ulang produk
kosmetik La Tulipe di kota Banyuwangi. Dengan demikian hipotesis ke dua yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antaran kesadaran label halal terhadap
minat membeli ulang produk kosmetik La Tulipe di kota Banyuwangi diterima.
Keseluruhan persepsi kesadaran label halal responden terhadap kosmetik merek
La Tulipe terbentuk berdasarkan kesadaran dan keyakinan bahwa produk La
tulipe yang berlabel halal dari MUI benar-benar halal dan kesadaran dan
keyakinan orang bahwa produk La tulipe yang tertera adanya label halal layak
untuk digunakan. Bagi produsen kosmetik La Tulipe hendaknya mempertahankan
dan meningkatkan Brand Image dengan cara memperbanyak jenis produk dan
menginovasi produk-produk yang sudah ada sehingga image yang sudah ada
dibenak konsumen semakin kuat dan rating penjualannya semakin tinggi.