Analisis Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda Melalui Pendekatan Boston Consulting Group Pada PT. Mpm Motor Di Jember
Abstract
Tujuan yang ingin diperoleh dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada sepeda motor Honda melalui
pendekatan Boston Consulting Group pada PT. MPM Motor Jember. Objek yang
diteliti adalah penjualan sepeda motor tipe bebek dan scootermatic yang ada di PT.
MPM Motor Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer
dan data sekunder.. Data primer meliputi data penjualan sepeda motor tipe bebek dan
scootermatic, wilayah pemasaran, saluran distribusi, kebijakan usaha, kegiatan
promosi, gambaran umum struktur organisasi perusahaan, visi dan misi perusahaan,
aspek personalia, aspek finansial, aspek sumber daya manusia dan aspek operasional.
Sedangkan data skunder yang dihasilkan adalah meliputi, data penjualan dan pangsa
pasar sepeda motor Honda dan Yamaha di Wilayah Indonesia dan juga data
permintaan industri sepeda motor Honda dan Yamaha tipe bebek dan scootermatic.
Kedua data tersebut digunakan untuk menentukan tingkat pertumbuhan pasar, pangsa
pasar relatif, market share, pemetaan posisi produk dan penempatan strategi yang
tepat untuk sepeda motor Honda tipe bebek dan scootermatic. Hasil analisis
menunjukkan bahwa produk sepeda motor Honda tipe bebek dan scootermatic berada
pada posisi Star yang berarti sebagai pemimpin pasar sedang bertumbuh pesat, dan
alternatif strategi pemasaran yang digunakan adalah pertahankan. Dalam hal ini
menunjukkan bahwa PT. MPM Motor harus terus mampu mempertahankan pangsa
pasar / dominasi pasar dan aliran kas masuk yang meliputi, standart harga bersaing,
pengembangan produk dan kualitas produk.