Show simple item record

dc.contributor.advisorWijaya, A.T.Hendra
dc.contributor.advisorIndrianti, Deditiani Tri
dc.contributor.authorKRISTIANTI, TITIS ADI
dc.date.accessioned2016-01-13T07:55:44Z
dc.date.available2016-01-13T07:55:44Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.nim110210201032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71386
dc.description.abstractBerdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada kelompok keaksaraan fungsional dasar anggrek menemukan masalah yakni rendahnya motivasi dari warga belajar untuk mengikuti pembelajaran hingga tuntas, Pengaruh metode pembelajaran delila sangat penting dilakukan mengingat kelompok Keaksaraan Fungsional Anggrek merupakan salah satu kelompok belajar bagi warga belajar yang mengalami buta aksara yang bertujuan mengetahui tingkat keberhasilan belajar keaksaraan fungsional anggrek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran delila terhadap hasil belajar keaksaraan fungsional anggrek di Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Delila Terhadap Hasil Belajar Keakasaraan Fungsional Anggrek di Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso. Dengan manfaat penelitian ini dilakukan yaitu untuk memapatkan hasil belajar keaksaraan fungsional dari penelitian yang telah dicapai, kepada Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, dan Peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, daerah atau tempat penelitian ditetapkan di kelompok Keaksaraan Fungsional Anggrek dengan menggunakan metode purposive sampling area artinya penentuan tempat penelitian berdasarkan kriteria dan tujuan tertentu. Waktu penelitian dimulai dari bulan Desember 2014 sampai bulan Mei 2015. Teknik penentuan informan ini menggunakan snowball sampling dengan sumber data informan kunci yaitu informan kunci adalah warga belajar di keaksaran fungsional anggrek sedangkan informan pendukung adalah tutor. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian. Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari dokumen atau sumber informasi lainnya. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan pengolahan data kualitatif melalui perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Dengan triangulasi sumber dan teknik, peneliti melakukan penelitian. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan dari hasil penelitian diuraikan bahwa keberhasilan warga belajar dalam proses pembelajaran metode delila cukup baik, sesuai dengan ranah dengar, lihat, dan lakukan. Dan teknik penilaian hasil belajar keaksaraan fungsional anggrek yaitu tes dan non tes, penilaian berupa tes meliputi lisan, tertulis, dan tindakan, sedangkan penilaian berupa non tes meliputi pengamatan dan wawancara informal. Dalam upaya metode pembelajaran delila yang dilakukan, pamong melihat pembelajaran keaksaraan fungsional yang baik dan tepat. Program Keaksaraan Fungsional pada dasarnya memiliki tujuan yaitu meningkatkan ketrampilan membaca, menulis, berhitung dan juga ketrampilan berbicara, berpikir, mendengar, dan berbuat serta mampu memecahkan masalah kehidupan warga belajar melalui kebiasaan dalam membaca, menulis, berhitung, dan berbuat. Kesimpulan yang dapat peneliti berikan yaitu pengaruh metode pembelajaran delila terhadap hasil belajar keaksaraan fungsional anggrek di Kelurahan Tamansari Kabupaten Bondowoso bisa dikatakan cukup baik. Dari hasil belajar ini berdampak positif bagi warga belajar yakni mampu menuntaskan proses pembelajaran dari program keaksaraan fungsional dan bebas dari buta aksara. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu meningkatkan kreativitas dalam proses pembelajaran dikarenakan gaya belajar tiap individu warga belajar sangat berbedaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMETODE PEMBELAJARAN DELILAen_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN DELILA (DENGAR, LIHAT, LAKUKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR KEAKSARAAN FUNGSIONAL ANGGREK DI KELURAHAN TAMANSARI KABUPATEN BONDOWOSOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record