Faktor-faktor yang Memengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Telepon Genggam Merek Samsung Galaxy S III di Kota Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian telepon genggam merek
Samsung Galaxy S III di Kota Jember. Metode pengambilan sampel
menggunakan Purposive Sampling dan pengumpulan data menggunakan
instrumen kuesioner. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan
analisis regresi linier berganda. Hasil dengan analisis faktor menunjukkan bahwa
19 variabel itu terbentuk menjadi 5 faktor. Faktor pertama diberi nama faktor
karakteristik pelanggan yang meliputi variabel peran dan status, pekerjaan, gaya
hidup, kepribadian, dan persepsi. Faktor kedua diberi nama faktor lingkungan dan
merek yang meliputi variabel keluarga, situasi ekonomi, citra perusahaan, dan
citra produk. Faktor ketiga diberi nama faktor kualitas dan referensi yang meliputi
variabel produk, promosi, dan kelompok referensi. Faktor keempat diberi nama
faktor motivasi dan pembelajaran yang meliputi variabel motivasi dan
pembelajaran. Faktor kelima diberi nama faktor manfaat kemudahaan yang
meliputi variabel distribusi, usia dan tahap siklus hidup. Selanjutnya kelima
kelompok faktor tersebut menjadi variabel dan dilakukan analisis regresi linier
berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor
karakteristik pelanggan, faktor lingkungan dan merek, faktor kualitas dan
referensi, faktor motivasi dan pembelajaran, serta faktor manfaat kemudahaan
terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk
Samsung Galaxy S III di Kota Jember. Pengujian hipotesis dengan Uji t
menunjukkan faktor yang paling tinggi mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen Samsung Galaxy S III di kota Jember adalah faktor karakteristik
pelanggan, di mana faktor ini memiliki nilai beta terbesar yaitu 0,449.