HUBUNGAN ANTARA PERMAINAN EDUKATIF DENGAN KARAKTERANAK USIA DINI DI TK AT TAQWA BONDOWOSO
Abstract
Anak usia dini khususnya di TK At-Taqwa juga masih perlu merancang dan
melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak,
yang salah satunya melalui penerapan permainan edukatif untuk membentuk anak
memiliki karakter yang baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan anak sehari-hari
dimana anak masih takut dan kurang percaya diri untuk melakukan sesuatu yang
diperintah oleh guru. Permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor
diantaranya media pembelajaran yang kurang menarik, pembelajaran yang hanya
menitik beratkan pada membaca dan berhitung sehingga membuat anak bosan.
Kegiatan yang bias dilakukan untuk menumbuhkan karakter anak melalui
permainan edukatif antara lain; permainan papan luncur, permainan peran,
permainan balok, bercerita dan musik. Tujuan penelitian untuk mengetahui
hubungan antara permainan edukatif dengan karakter anak usia dini di TK At-
Taqwa Bondowoso.
Dalam penelitian ini responden diambil dengan tekhnik populasi.
Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka yang akan dijadikan responden dalam
penelitian ini yaitu seluruh guru tetap TK At Taqwa Bondowoso. Lokasi yang
dijadikan tempat sebagai penelitian adalah di TK At Taqwa Bondowoso jalan
Letnan Rantam nomor 01 Kabupaten Bondowoso. Sumber data dalam penelitian
ini meliputi (1)Data primer merupakan data utama yang diperoleh dari hasil
angket, dan (2) Data sekunder merupakan data pelengkap yang diperoleh dari
observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Adapun
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode
ix
observasi, dan metode dokumentasi. Desain yang digunakan penulis dalam
penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu untuk mengetahui hubungan
suatu fenomena atau variabel, dan apabila ada hubungan tersebut, seberapa erat
serta apakah hubungan tersebut berarti atau tidak. Untuk mencari signifikasi
hubungan dua variabel dalam penelitian ini, TK At Taqwa diperoleh hasil rho hitung
0,678 dengan tingkat korelasi cukup. Dalam penelitian ini, nilai rho hitung
berpedoman pada nilai tabel harga kritik Spearman’s Rho untuk N=43 yaitu 0,301
dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dari perhitungan diatas dapat
diketahui bahwa (H1) yang berbunyi “Ada Hubungan Antara Permainan Edukatif
Dengan Karakter Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Bondowoso” diterima.
Sedangkan (Ho) yang berbunyi “Tidak Ada Hubungan Antara Permainan Edukatif
Dengan Karakter Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Bondowoso” ditolak. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Permainan Edukatif
Dengan Karakter Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Bondowoso.