• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS MATERI DAN METODE PENYAJIAN BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BERDASAR

    Thumbnail
    View/Open
    Firdausi Nisa - 090210101073_Part1.pdf (918.1Kb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    Nisa, Firdausi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Faktor yang menunjang tujuan pendidikan adalah dengan keberadaan buku teks yang bermutu. Menurut Hamzah (2009:147), buku teks yang tersedia hendaknya mampu memberikan rangsangan, menyajikan materi secara sistematis, dapat mempengaruhi sikap serta memberi motivasi bagi pembacanya. Setiap buku teks pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penulisannya. Begitu pula pada buku teks matematika kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terhadap buku tersebut berdasarkan Kriteria Bell. Menurut Bell (1978:381-385), terdapat 4 kriteria utama yang harus dipenuhi oleh buku pelajaran yaitu: (1) Isi matematika, (2) metode mengajar, (3) karakteristik fisik, dan (4) petunjuk untuk guru. Namun 2 kriteria diantaranya yang dianalisis yaitu kriteria tentang kesesuaian materi dan metode penyajian pada buku teks SMP kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesesuaian materi dan metode penyajian buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menurut kriteria Bell. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan viii gambaran dan penilaian secara menyeluruh mengenai kesesuaian materi dan metode penyajian buku teks matematika kurikulum 2013 SMP kelas VII terbitan Kemendikbud berdasarkan kriteria Bell. Data pada penelitian ini adalah kesesuaian buku matematika kurikulum 2013 SMP kelas VII dengan kriteria Bell sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Analisis Kesesuaian Buku berdasarkan kriteria Bell, Lembar Validasi Bahasa Instrumen Pertanyaan dan Lembar Validasi Instrumen Analisis Kesesuaian Buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data kesesuaian buku. Berdasarkan data hasil validasi didapatkan nilai rerata total (Va) untuk validasi bahasa pertanyaan sebesar 3,72 yang berarti sangat valid. Hasil validasi instrumen secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 3,78 yang berarti sangat valid. Untuk kategori sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan tidak perlu dilakukan uji validasi kembali. Dengan demikian, instrumen analisis kesesuaian buku berdasarkan kriteria Bell dapat digunakan dalam penelitian. Setelah data hasil pengamatan kesesuaian buku didapatkan, kemudian dianalisis sesuai metode analisis data. Hasil pembahasan Kesesuaian materi pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud berdasarkan kriteria Bell rata-rata berada pada indikator ke-1, ke-2, ke-3, ke-4, ke-5, ke-6, ke-7, ke-8, ke-9, ke-10, ke-13, ke-14, ke-15, ke-16, ke-17, dan ke-21. Kesesuaian tersebut membuktikan bahwa sebagian besar dari keempat Bab pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud sesuai dengan kriteria Bell. Sehingga buku teks tersebut termasuk kategori baik dengan persentase kesesuaian 78,57%. Ketidaksesuaian materi pada buku teks matematika kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud berdasarkan kriteria Bell rata-rata berada pada indikator ke-11, ke-12, ke-18, ke-19, dan ke-20. Ketidaksesuaian tersebut dikarenakan sebagian besar pada buku teks tersebut tidak menekankan pembuktian, hanya menerangkan penjelasan sekilas mengenai rumus atau teorema. Tidak adanya pembeda yang jelas antara unsur-unsur yang tidak ix terdefinisi, definisi, sifat,maupun teorema, sehingga siswa sulit didalam membedakan antara definisi, teorema, maupun sifat. Tidak adanya pembeda antara pembuktian dan pemikiran yang masuk akal. Hal tersebut dikarenakan ada pembuktian yang dijabarkan serupa dengan pemikiran yang masuk akal. Kesesuaian metode penyajian buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud berdasarkan kriteria Bell rata-rata berada pada indikator ke-1, ke-3, ke-4, ke-5, ke-9, ke-10, ke-11, ke-12, ke-13, ke-14, ke-16, ke-17, ke-18 dan ke-21. Kesesuaian tersebut membuktikan bahwa sebagian besar dari keempat Bab pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud sesuai dengan kriteria Bell. Sehingga buku teks tersebut termasuk kategori baik dengan persentase kesesuaian 80%. Ketidaksesuaian metode penyajian buku teks matematika kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud berdasarkan kriteria Bell rata-rata berada pada indikator ke-2, ke-7, dan ke-19. Ketidaksesuaian tersebut dikarenakan sebagian besar pada buku teks tersebut tidak menyajikan contoh soal dan permasalahan untuk siswa dengan kemampuan berbeda, sebagian besar dari keempat bab tersebut menyajikan contoh soal dan permasalahan berdasarkan tingkat kemampuan siswa secara menyeluruh, tanpa memberikan pengayaan atau remidial bagi siswa yang berkemampuan sedang dan rendah. Juga tidak disajikannya contoh dan bukan contoh mengenai suatu konsep yang dapat mempermudah siswa didalam memahami konsep tersebut. Selain itu juga tidak disajikan alasan dalam penggunaan prosedur algoritma dalam penyelesaian contoh soal dan soal latihan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71356
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository