• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI KELURAHAN NANGKAAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2015

    Thumbnail
    View/Open
    Angga Awalludin - 100210201038_Part1.pdf (428.2Kb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    AWALLUDINA, ANGGA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada PAUD Melati Bondowoso menemukan masalah yakni kurang optimalnya implementasi pendekatan pembelajaran quantum learning dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi cenderung lebih berhasil dalam melakukan apa yang ia inginkan. Pendekatan pembelajaran quantum learning merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat membuat suasana belajar nyaman, menyenangkan dan bermanfaat. Dengan suasana nyaman dan menyenangkan memungkinkan anak untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Percaya diri merupakan sikap yakin terhadap kemampuan diri sendiri, berani melakukan hal-hal sesuai keinginannya dan tanggung jawab atas perbuatannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pendekatan pembelajaran quantum learning dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini di PAUD Melati Bondowoso? Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran quantum learning dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini di PAUD Melati Bondowoso. Adapun manfaat penelitian yang dilakukan yaitu untuk memaparkan kegunaan hasil dari penelitian yang telah dicapai, kepada Lembaga PAUD Melati Bondowoso, Fakulatas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, dan peneliti lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, daerah atau tempat penelitan ditetapkan di PAUD Melati Kelurahan Nangkaan Bondowoso dengan menggunakan metode pusrposive area tujuannya yaitu untuk menetapkan lokasi yang relevan dengan tujuan penelitian. Waktu penelitian dimulai dari bulan April sampai dengan bulan September 2015. Teknik penentuan informan menggunakan snow ball sampling dengan sumber data informan kunci yaitu pendidik PAUD Melati dan informan pendukung yaitu orang tua peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer adalah wawancara dan observasi yang dilakukan kepada informan kunci dan informan pendukung. Data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kepustakaan. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan pengolahan data kualitatif melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Dengan triangulasi sumber dan teknik yaitu membandingkan dan mengoreksi kembali derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber dan teknik yang berbeda untuk mencapai tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun temuan dari penelitian ini adalah melalui implementasi pendekatan pembelajaran quantum learning, rasa percaya diri anak menjadi tumbuh. Hal ini dapat dilihat saat anak berani tampil di depan kelas, tidak di dampingi orang tua saat belajar dan memiliki rasa tanggung jawab dengan mampu membereskan dan mengembalikan mainan ketempatnya. Pada proses pembelajaran, anak memiliki motivasi belajar yang tinggi dan rasa ingin tahu yang besar sehingga anak aktif bertanya. Serta pentingnya penataan ruang belajar yang cocok untuk anak didik agar di dalam proses pembelajaran anak merasa senang dan nyaman. Saran yang dapat peneliti berikan adalah menciptakan kegiatan-kegiatan yang lebih menyenangkan lagi pada saat pembelajaran karena melalui kegiatan yang menyenangkan, anak-anak lebih termotivasi dan semakin banyak karakterkarakter positif yang akan terbentuk dalam diri anak tersebut. Untuk orang tua saran yang peneliti berikan yaitu hendaknya memberikan kepercayaan kepada anak agar anak memiliki rasa percaya diri bahwa dirinya bisa untuk melakukan apa diinginkan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71333
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository