IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DI PAUD MELATI KELURAHAN NANGKAAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2015
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada PAUD
Melati Bondowoso menemukan masalah yakni kurang optimalnya implementasi
pendekatan pembelajaran quantum learning dalam menumbuhkan rasa percaya
diri. Anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi cenderung lebih berhasil dalam
melakukan apa yang ia inginkan. Pendekatan pembelajaran quantum learning
merupakan suatu metode pembelajaran yang dapat membuat suasana belajar
nyaman, menyenangkan dan bermanfaat. Dengan suasana nyaman dan
menyenangkan memungkinkan anak untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya.
Percaya diri merupakan sikap yakin terhadap kemampuan diri sendiri, berani
melakukan hal-hal sesuai keinginannya dan tanggung jawab atas perbuatannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi
pendekatan pembelajaran quantum learning dalam menumbuhkan rasa percaya
diri anak usia dini di PAUD Melati Bondowoso? Tujuan dari penelitian ini yaitu,
untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran quantum learning
dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia dini di PAUD Melati
Bondowoso. Adapun manfaat penelitian yang dilakukan yaitu untuk memaparkan
kegunaan hasil dari penelitian yang telah dicapai, kepada Lembaga PAUD Melati
Bondowoso, Fakulatas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Program Studi Pendidikan
Luar Sekolah, dan peneliti lain.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
metode penelitian kualitatif, daerah atau tempat penelitan ditetapkan di PAUD
Melati Kelurahan Nangkaan Bondowoso dengan menggunakan metode pusrposive area tujuannya yaitu untuk menetapkan lokasi yang relevan dengan
tujuan penelitian. Waktu penelitian dimulai dari bulan April sampai dengan bulan
September 2015. Teknik penentuan informan menggunakan snow ball sampling
dengan sumber data informan kunci yaitu pendidik PAUD Melati dan informan
pendukung yaitu orang tua peserta didik. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer adalah
wawancara dan observasi yang dilakukan kepada informan kunci dan informan
pendukung. Data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan
kepustakaan. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
pengolahan data kualitatif melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi. Dengan triangulasi sumber dan teknik yaitu
membandingkan dan mengoreksi kembali derajat kepercayaan suatu informasi
yang diperoleh melalui sumber dan teknik yang berbeda untuk mencapai tujuan
penelitian. Analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Adapun temuan dari penelitian ini adalah melalui implementasi pendekatan
pembelajaran quantum learning, rasa percaya diri anak menjadi tumbuh. Hal ini
dapat dilihat saat anak berani tampil di depan kelas, tidak di dampingi orang tua
saat belajar dan memiliki rasa tanggung jawab dengan mampu membereskan dan
mengembalikan mainan ketempatnya. Pada proses pembelajaran, anak memiliki
motivasi belajar yang tinggi dan rasa ingin tahu yang besar sehingga anak aktif
bertanya. Serta pentingnya penataan ruang belajar yang cocok untuk anak didik
agar di dalam proses pembelajaran anak merasa senang dan nyaman.
Saran yang dapat peneliti berikan adalah menciptakan kegiatan-kegiatan
yang lebih menyenangkan lagi pada saat pembelajaran karena melalui kegiatan
yang menyenangkan, anak-anak lebih termotivasi dan semakin banyak karakterkarakter
positif yang akan terbentuk dalam diri anak tersebut. Untuk orang tua
saran yang peneliti berikan yaitu hendaknya memberikan kepercayaan kepada
anak agar anak memiliki rasa percaya diri bahwa dirinya bisa untuk melakukan
apa diinginkan