PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Listed Di BEI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap
nilai perusahaan dengan luas pengungkapan corporate social responsibility sebagai
variabel moderating. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang
terdaftar dalam Indonesia Stock Exchange (IDX) dalam rentang tahun 2008-2011.
Sampel penelitian adalah sebanyak 31 perusahaan dengan 124 observasi. Nilai
perusahaan diukur dengan Tobin’s Q dan kinerja keuangan diukur dengan return on
equity (ROE) dan current ratio (CR). Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Data yang diperoleh
kemudian diproses dan dianalisis dengan SPSS. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa ROE memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai
perusahaan dan CR tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai
perusahaan. Luas pengungkapan corporate social responsibility merupakan variabel
moderating yang mampu memoderasi pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan
ROE terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: ROE, CR, Tobin's Q, Pengungkapan Corporate Social Responsibility