dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif strategi pemasaran
yang tepat bagi Matahari Department Store Jember untuk menghadapi dan
memenangkan persaingan dengan perusahaan ritel sejenis lainnya.
Metode analisis data dalam penelitian ini, menggunakan metode analisis
SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities and Threats), yaitu analisis yang
digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Matahari
Departement Store Jember sebagai dasar penentuan strategi pemasaran yang tepat
bagi Matahari Departement Store Jember. Berdasarkan data yang telah diperoleh
dan menggunakan metode analisis SWOT, maka akan diketahui kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman pada Matahari Department Store, dengan
demikian dapat ditentukan penggunaan strategi pada Matahari Department Store
Jember. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari lingkungan internal perusahaan
yaitu pimpinan serta karyawan Matahari Department Store Jember dan dari
eksternal perusahaan yaitu para konsumen Matahari Department Store Jember.
Jumlah sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 55 responden, yang terdiri
dari 5 responden berasal dari internal perusahaan yaitu manajer; asisten manajer;
supervisor; koordinator; pramuniaga Matahari Department Store Jember, dan 50
responden berasal dari eksternal perusahaan yaitu para konsumen Matahari
Department Store Jember.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang paling tepat
dan yang perlu diambil oleh Matahari Department Store Jember adalah Strategi
Differensiasi (Differentation Stratgy), yaitu menitikberatkan pada membangun
persepsi pembeli akan keunggulan kualitas, desain produk, merk, teknologi,
jaringan distribusi, image, dan pelayanan. Perusahaan dapat menetapkan harga
tinggi akan tetapi harus bisa menciptakan produk yang bagi konsumen tampak
berbeda (lebih unggul/bermerk) daripada produk lain yang sudah ada sehingga
tampak unik (different), untuk mempertahankan kinerja perusahaan, sebaiknya
Matahari Department Store Jember perlu memperbaiki strategi pemasaran
perusahaan dan semakin jeli dalam memperhatikan kondisi lingkungan internal
maupun eksternal perusahaan, karena dalam penentuan strategi pemasaran
pengidentifikasian terhadap lingkungan mutlak untuk dilakukan. | en_US |