dc.description.abstract | Experiential Marketing mencoba menggeser pendekatan pemasaran
tradisional yaitutradisional yaitu 4P (product, price, place, and promotion) yang hanya bertumpu
pada fitur dan benefit. Experiential marketing, perusahaan tidak hanya
berorientasi pada fitur dan benefit tetapi juga mengutamakan emosi pelanggan
dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang bisa memberikan kepuasan bagi
pelanggan sehingga tercapai memorable experience yang membuat pelanggan
mengulang kembali pengalamannya dengan jasa perusahaan dan bahkan mau
mengeluarkan uang lebih untuk menikmati pengalaman baru menggunakan
fasilitas lain yang ditawarkan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh Experiental Marketing yang terdiri dari sense (X1), feel
(X2), think (X3), act (X4) dan relate (X5) terhadap loyalitas melalui kepuasan
pelanggan KBIH Al-Ghazaalie Jember. Jenis data penelitian menggunakan data
primer.
Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian explanatory. Populasi
penelitian ini adalah seluruh jamaah haji KBIH Al-Ghazaalie Jember selama
tahun 2014-2015 sebanyak 216 orang. Jumlah sampel penelitian adalah 65 orang.
Metode analisis data menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sense berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan jamaah. Feel berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan jamaah. Think berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan jamaah. Act berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
jamaah. Relate berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jamaah.
Sense berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas jamaah. Feel
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas jamaah. Think berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas jamaah. Act berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas | en_US |