MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN MELALUI PERMAINAN SUSUN KATA DAN PEMODELAN PADA SISWA KELAS IV B DI SDN KEPATIHAN 03 KALIWATES
Abstract
sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Meningkatkan kemampuan menulis pantun
dengan menggunakan permainan susun kata dan pemodelan yang terdapat di Kelas IV
b di SDN Kepatihan 03 Jember, 2) Meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa
di Kelas IV b di SDN Kepatihan 03 Jember melalui permainan susun kata dan
pemodelan.
Penelitian ini dilaksanaan di SDN Kepatihan 03 Jember Kelas IV yang terdiri
dari 45 siswa, 25 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui
observasi, tes dan dokumentasi teknis. Metode analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalis data berupa
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan deskriptif kuantitatif untuk
menganalis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 14 Januari 2011
dan 22 Januari 2011.
Hasil pembelajaran menulis pantun melalui permainan susun kata dan
pemodelan adalah pada pra siklus prosentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik
sebesar 25%, siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 75%. Dari hasil tes akhir yang
dilakukan siswa terdapat 4 siswa yang tidak tuntas, 12 siswa sudah tuntas. Dengan
demikian kemampuan menulis pantun melalui permainan susun kata dan pemodelan
dapat meningkatkan aktivitas dan kreatifitas bahkan meningkatkan prestasi siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diajukan saran atau rekomendasi
meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui permainan susun kata dan
pemodelan agar dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar siswa.