dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalawaru 04 kelas III yang terdiri
dari 16 siswa, 9 perempuan dan 7 laki-laki. Siswa dibagi mejadi 5 kelompk yang
heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu
pengambilan data mulai dilakukan tanggal 1 februari 2011 sampai 25 mei 2011
dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Tegalwaru 04 Kec. Mayang Kab.
Jember. Data yang dikumpulkan berupa motivasi siswa, aktivitas guru dan tes
individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa
persentase motivasi siswa selama pembelajaran IPS pada pokok bahasan jenisjenis
pekerjaan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan media gambar
adalah : pada siklus I persentase hasil motivasi siswa dengan kriteria sangat baik
14,06%, siklus II sebesar 76,56% dari hasil tes akhir yang dilakukan pada siklus I
siswa yang tuntas belajar 43,75 % sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas
belajar sebesar 75%.
Kesimpulan dari penelitian ini siswa mengalami peningkatan motivasi dan
hasil belajar pada penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan media
gambar pada pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan dapat menciptakan
pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani untuk
mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar
serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |