dc.contributor.author | Irfia Fitroh Riyadhini | |
dc.date.accessioned | 2013-12-10T02:21:26Z | |
dc.date.available | 2013-12-10T02:21:26Z | |
dc.date.issued | 2013-12-10 | |
dc.identifier.nim | NIM070210402044 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7104 | |
dc.description.abstract | Salah satu anggapan bahwa setiap orang dengan sendirinya dapat berbicara
telah menyebabkan pembinaan kemampuan berbicara sering diabaikan. Hasil
pengamatan yang dilakukan di kelas menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
berbicara belum sepenuhnya sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Hal tersebut dapat dilihat dalam proses pembelajaran menyampaikan pendapat
melalui forum diskusi di kelas. Dalam pembelajaran tersebut belum terlihat adanya
interaksi yang aktif secara menyeluruh baik antara guru dengan siswa maupun kerja
sama antarsiswa. Kegiatan diskusi lebih didominasi oleh siswa yang pandai dan
memiliki keterampilan berbicara yang baik dibanding siswa lain. Kesulitan berbicara
siswa terletak pada kurangnya rasa percaya diri siswa untuk berbicara dalam situasi
formal khususnya tampil di depan kelas. Biasanya dalam hal ini sering timbul rasa
gugup, sehingga gagasan yang dikemukakan menjadi tidak teratur dan akhirnya
bahasannya pun menjadi tidak teratur.
Strategi pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT)
dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Model Pembelajaran
ini lebih memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab penuh untuk
memahami materi pelajaran baik secara berkelompok maupun individual sehingga
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan
adalah (1) bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif model
Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi
ix
siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo?, (2) bagaimanakah keterampilan
berdiskusi siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo setelah diterapkan
pembelajaran dengan strategi kooperatif model Numbered Heads Together (NHT)?.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) penerapan strategi strategi
pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk
meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo
(2) peningkatan keterampilan berdiskusi siswa siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1
Situbondo setelah diterapkan pembelajaran dengan strategi kooperatif model
Numbered Heads Together (NHT). | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210402044; | |
dc.subject | MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA, STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF | en_US |
dc.title | MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIIA MTs NEGERI 1 SITUBONDO MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) | en_US |
dc.type | Other | en_US |