Show simple item record

dc.contributor.authorIrfia Fitroh Riyadhini
dc.date.accessioned2013-12-10T02:21:26Z
dc.date.available2013-12-10T02:21:26Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210402044
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7104
dc.description.abstractSalah satu anggapan bahwa setiap orang dengan sendirinya dapat berbicara telah menyebabkan pembinaan kemampuan berbicara sering diabaikan. Hasil pengamatan yang dilakukan di kelas menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbicara belum sepenuhnya sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dalam proses pembelajaran menyampaikan pendapat melalui forum diskusi di kelas. Dalam pembelajaran tersebut belum terlihat adanya interaksi yang aktif secara menyeluruh baik antara guru dengan siswa maupun kerja sama antarsiswa. Kegiatan diskusi lebih didominasi oleh siswa yang pandai dan memiliki keterampilan berbicara yang baik dibanding siswa lain. Kesulitan berbicara siswa terletak pada kurangnya rasa percaya diri siswa untuk berbicara dalam situasi formal khususnya tampil di depan kelas. Biasanya dalam hal ini sering timbul rasa gugup, sehingga gagasan yang dikemukakan menjadi tidak teratur dan akhirnya bahasannya pun menjadi tidak teratur. Strategi pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Model Pembelajaran ini lebih memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab penuh untuk memahami materi pelajaran baik secara berkelompok maupun individual sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan adalah (1) bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi ix siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo?, (2) bagaimanakah keterampilan berdiskusi siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo setelah diterapkan pembelajaran dengan strategi kooperatif model Numbered Heads Together (NHT)?. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) penerapan strategi strategi pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo (2) peningkatan keterampilan berdiskusi siswa siswa kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo setelah diterapkan pembelajaran dengan strategi kooperatif model Numbered Heads Together (NHT).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402044;
dc.subjectMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA, STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.titleMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIIA MTs NEGERI 1 SITUBONDO MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record