PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PADA SISWA KELAS I SDN RAMBIPUJI 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN Rambipuji 01 Jember yang terdiri
dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan
data dilakukan mulai tanggal 12 Februari 2011 sampai dengan 23 Februari 2011 dengan
subjek penelitian siswa kelas I SDN Rambipuji 01 Jember. Data yang dikumpulkan
berupa penilaian aktivitas dan tes individu. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa
sebesar 49,17%, sedangkan persentase hasil belajar siswa mencapai 59,33% dan
persentase ketuntasan klasikal sebesar 56,67%. Pada siklus II, persentase aktivitas siswa
sebesar 63,33%, sedangkan persentase hasil belajar siswa secara klasikal mencapai
70%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%. Oleh karena itu adanya
peningkatan aktivitas siswa sebesar 13,33% sedangkan ketuntasan hasil belajarnya
sebesar 33,33%. Secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN
Rambipuji 01 Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan
bilangan. Persentase aktivitas siswa siklus I dan II meningkat sebesar 13,33%.
Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 59,33% dengan siswa tuntas
sebanyak 17 dari 30 siswa sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus
II yaitu 90% dengan siswa tuntas sebanyak 27 dari 30 siswa. Peningkatan ketuntasan
hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 33,33%, sehingga penelitian dianggap
tuntas.