HUBUNGAN ANTARA PERAN PENDIDIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C KELAS X DI SKB BONDOWOSO TAHUN 2011
Abstract
Pendidik mempunyai dan memegang peranan yang sangat penting dalam
mendidik peserta didik agar peserta didik tersebut mencapai hasil belajar yang baik.
Dengan kata lain peran dari seorang pendidik sangat berpengaruh dalam menentukan
hasil belajar yang dicapai peserta didik. Peran pendidik disini meliputi peran pendidik
sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, fasilitator, motivator, dan evaluator.
Seorang pendidik harus bisa menjalankan perannya dengan sebaik-baiknya demi
tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan khususnya membantu peserta didik
dalam mencapai hasil belajar yang optimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara peran
pendidik dalam kegiatan pembelajaran dengan hasil belajar warga belajar kejar paket
c kelas x di SKB Bondowoso tahun 2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan antara peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran dengan
hasil belajar warga belajar kejar paket c kelas x di SKB Bondowoso tahun 2011.
Responden dalam penelitian ini adalah 15 warga belajar kejar paket c kelas x di SKB
Bondowoso. Penentuan responden dengan metode purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis korelasi tata jenjang. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh r hitung sebesar
0,788. Nilai ini lebih besar daripada r tabel untuk N = 15 dengan tingkat kepercayaan
95% sebesar 0,544, sehingga hasilnya signifikan yaitu Hipotesis Nihil (Ho) ditolak
dan Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan
viii
bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran pendidik dalam kegitan
pembelajaran dengan hasil belajar warga belajar kejar paket c kelas x di SKB
Bondowoso tahun 2011 dengan tingkat korelasi cukup.