Analisis Pengaruh Promotional Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Mayangsari Berlian Motor
Abstract
Penelitian ini menqqunakan data volume penjualan, biaya promosi
media periklanan, personal selling dan promosi penjualan, metode
pengumpuJandata dalam penelitian survey ini adalah dengan observasi
dan wawancara, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah
metode anansis Regresi Linier Berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara bersama variabel
periklanan, personal selling dan promosi penjualan berpengaruh besar
sekali terhadap volume penjualan (85,30 %). Sedangkan secara parsial
promosi penjualan memberikan pengaruh yang sangat besar (71,21 %)
terhadap volume penjualan, adapun ke dua variabel lainnya yang diteliti
memberikan pengaruh yang sedang terhadap volume penjualan. Uji-F
untuk menguji koefisien secara bersama dan Uji-t untuk pengujian secara
parsial menunjukkan bahwa pengaruh-pengaruh tersebut signifikan
(nyata).
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama
ke tiga variabel promosi yang diteliti memberikan pengaruh yang besar
dan nyata terhadap volume penjualan sedangkan secara parsial dapat
diketahui bahwa variabel promosi penjualan merupakan variabel yang
paling berpengaruh terhadap volume pejualan, maka dapat diberikan
saran kepada Perusahaan PT Mayangsari Berlian Motor di Jember agar
bisa mencapai volume penjualan yang sebesar-besarnya harus dapat
mempertahankan strategi promosi penjualannya dan meningkatkan lagi
strategi periklanan dan personal sellingnya.