• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IIC DI SDN KEPATIHAN 05

    Thumbnail
    View/Open
    Wiwin Winarsih.pdf (192.1Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Wiwin Winarsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih berfokus dan berkisar pada teori dan materi yang ada di buku. Sebagai guru di SDN Kepatihan 05 Jember khususnya di kelas IIc, penulis juga menemukan kenyataan bahwa sebagian besar siswa tidak aktif bahkan cenderung malas jika mendapat pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), sehingga tugas-tugas baik di sekolah maupun di rumah tidak dapat terselesaikan dengan baik, jika masalah ini tidak dicarikan pemecahannya, maka pembelajaran IPA akan berjalan di tempat atau bahkan menemui kegagalan yang sangat fatal. Dengan segala keterbatasan pengetahuan tentang prinsip-prinsip pembelajaran khususnya IPA, penulis introspeksi dan merefleksi diri sambil mencari dan berdiskusi dengan teman-teman sejawat, bagaimana menjadikan pembelajaran IPA menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan berhasil.Akhirnya, penulis sampai pada satu jawaban sebagai langkah alternatif pemecahan masalah di atas. Penulis tertarik akan pendekatan pembelajaran kontekstual atau disebut Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN Kepatihan 05 khususnya Kelas IIc. Selain itu juga untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran bidang studi IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 khususnya kelas IIc yang terdiri dari 40 siswa; 24 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui metode observasi, tes Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran IPA dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas IIc SDN Kepatihan 05 Semester II Tahun 2010 – 2011. Pembelajaran IPA dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IIc SDN Kepatihan 05 Semester II Tahun 2010 – 2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7095
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository