• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PRODUK POSITIONING ROKOK KRETEK BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI WILAYAH PERKOTAAN KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Andre Yulianto_1.pdf (369.4Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Andre Yulianto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dengan judul analisis produk positioning rokok kretek berdasarkan persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan menganalisis peta positioning produk rokok kretek Dji Sam Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak berdasarkan persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang mengambarkan kemiripan atribut produk rokok kretek Dji Sam Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak berdasarkan persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Atribut yang diteliti meliputi produk, harga, cita rasa, merek, dan aroma. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah merasakan produk rokok kretek yang meliputi merek Dji Sam Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak yang berdomisili di wilayah perkotaan Kabupaten Jember yang merupakan wilayah eks Kota Administratif Jember yang terdiri dari tiga Kecamatan yaitu Kecematan Sumbersari, Kecamatan Patrang, dan Kecamatan Kaliwates. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobabolity sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 60 responden. Model analisis yang digunakan adalah Multi Dimensional Scaling (MDS) dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Sampoerna Ijo, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak memiliki daya saing yang kuat dipasaran. Hal ini dapat dilihat dari persepsi konsumen yang menilai kekuatan daya saing ketiga produk tersebut bersumber pada produk, harga, cita rasa, dan aroma. Selain itu, dalam benak konsumen ada kemiripan tentang produk, harga, cita rasa, dan merek antara Djarum 76 dan Dji Sam Soe. Fakta ini didukung oleh hasil pemetaan dengan basis kepuasan pelanggan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7094
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository