• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pembelajaran Model Round Table disertai Problem Posing dengan Media VCD (Mata Pelajaran Biologi Sub Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2005 / 2006)

    Thumbnail
    View/Open
    Ari Firda Uswati 020210103243.pdf (143.6Mb)
    Date
    2016-01-11
    Author
    Uswati, Ari Firda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kompetensi Dasar yang ingin dicapai dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) termasuk Biologi di Sekolah Menengah Pertama adalah menekankan pada penguasaan konsep dan saling keterkaitanya untuk diterapkan pada pemecahan masalah. Pembelajaran Biologi konsep lingkungan merupakan pokok bahasan yang luas dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan Model Pembelajaran yang dapat mempermudah siswa berperan aktif dan merasa senang bekerja dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di sekitarnya, Penelitian terdahulu menyatakan bahwa efektivitas hasil belajar siswa pembelajaran Round Table disertai Problem Posing terhadap pembelajaran Advance Organizer pada ranah kognitif meningkat sebesar 16,42 %, ranah afektif 63,47 % dan ranah psikomotorik sebesar 53,11 % (Rahayu: 2004). Hasil tersebut perlu dikembangkan dengan melakukan penambahan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu media yang menarik tersebut adalah VCD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Round Table disertai Problem Posing dengan media VCD dan untuk mengukur tingkat ketuntasan basil belajar siswa setelah diajar dengan model Round Table disertai Problem Posing dengan media VCD. Penelitian ini pada bulan April sampai dengan Mei 2006 di SMP negeri 3 Jember. Rancangan penelitian menggunakan True Design Eksperimental dengan random terhadap obyek. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Populasi dalam hal ini adalah siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2005 / 2006.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70875
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository