Show simple item record

dc.contributor.authorMayang Anggraeni
dc.date.accessioned2013-12-10T02:12:21Z
dc.date.available2013-12-10T02:12:21Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7082
dc.description.abstractMembaca menjadi salah satu kebutuhan yang sangat pokok dan tanpa membaca seseorang dapat melewatkan sesuatu yang penting dalam hidupnya. Mengingat begitu pentingnya peran membaca maka kemampuan membaca mutlak dikuasai oleh setiap individu. Masalah selanjutnya adalah banyak murid sekolah yang kesulitan dalam memahami bacaan terutama murid sekolah dasar. Tanpa sanggup membaca, siswa akan kesulitan untuk belajar dan hal itu dapat mempengaruhi kehidupannya di masa depan. Oleh karena itu, diadakan observasi di salah satu sekolah dasar yaitu di SDN Mojosari 03 Puger untuk mengetahui keterampilan membaca siswanya. Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V kurang. Kebanyakan siswa sibuk sendiri saat pembelajaran, dan hanya beberapa siswa yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan dari guru. Rendahnya hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran membaca pemahaman adalah karena sistem pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, diterapkan metode PQRST dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. PQRST merupakan salah satu dari teknik membaca yang dapat melatih keterampilan membaca siswa dengan baik. Dalam penerapannya, siswa tidak hanya melakukan kegiatan membaca saja, melainkan dapat melakukan membaca sekilas, membuat pertanyaan, membuat ringkasan, dan mengerjakan tes. Hal itu dapat membuat siswa menjadi lebih antusisas dalam kegiatan membacanya sehingga siswa dapat melakukan kegiatan membaca tanpa merasa bosan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 03 Puger Tahun Pelajaran 2012/2013?; dan Penelitian dilaksanakan di SDN Mojosari 03 Puger Jember sedangkan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April 2013. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger dengan jumlah siswa 27 orang, yang terdiri atas 10 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian yang dilakuan adalah penelitian tindakan kelas Berdasarkan analisis data, diketahui adanya peningkatan hasil belajar dari 56% pada pra siklus menjadi 81% pada siklus 1. Setelah melaksanakan siklus 2, terdapat peningkatan hasil belajar dari 81% menjadi 93% pada siklus 2. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metode PQRST Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru dapat menerapkan metode PQRST dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan keterampilan siswa. Bagi siswa, hendaknya senantiasa rajin belajar dan berusaha meningkatkan hasil belajar seperti apapun metode yang digunakan dalam pembelajaran. Terakhir, bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan atau referensi terhadap penelitian yang serupa terutama pada penelitian di bidang bahasa untuk keterampilan membaca bagi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204116;
dc.subjectKETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQRST(REVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, & TEST)en_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQRST ( PADA SISWA KELAS V SDN MOJOSARI 03 PUGER JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record