PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SDN TANGGUL WETAN 04 JEMBER
Abstract
Guru dituntut agar peka terhadap keadaan siswa serta mampu berinovasi
untuk menerapkan berbagai strategi mengajar yang sesuai dengan keadaan
lingkungan sekolah dan kebutuhan siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi
belajarnya. Pada kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas IV-A SDN Tanggul
Wetan 04 Jember masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena guru belum
menggunakan strategi yang dapat membangkitkan minat siswa selama pembelajaran.
Guru juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan soalsoal
yang diberikan kepada siswa juga masih mencakup C1 dan C2 saja. Salah satu
strategi pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah
dengan menggunakan Strategi Peta Konsep (Pohon Jaringan) berbantu Media Audio
Visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini “bagaimanakah penerapan strategi
peta konsep berbantu media audio visual dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi siswa kelas IV SDN Tanggul
Wetan 04 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015?” Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS melalui penerapan stategi
peta konsep berbantu media audio visual pokok bahasan perkembangan teknologi
siswa kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember Semester Genap Tahun Ajaran
2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanggul Wetan 04 Jember dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas IV-A yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 15
siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto
yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing
siklus terdiri atas dua pertemuan.
Pembelajaran IPS melalui Penerapan Strategi Peta Konsep Berbantu Media
Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan
Perkembangan Teknologi Siswa Kelas IV SDN Tanggul Wetan 04 Jember terlaksana
sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat
diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui
penerapan Strategi Peta Konsep Berbantu Media Audio Visual mengalami
peningkatan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh observer, motivasi siswa pra
siklus sebesar 47,62 meningkat pada siklus I sebesar 59,38% meningkat lagi menjadi
70,21% pada siklus II. Artinya motivasi siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami
peningkatan sebesar 11,76, sedangkan dari silus I ke siklus II meningkat sebesar
10,83 %. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus
sebesar 58,45 meningkat menjadi 71,35 pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut
semakin meningkat lagi menjadi 80,28 pada siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Strategi Peta Konsep berbantu
Media Audio Visual pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan
teknologi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Tanggul Wetan 04 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya Pembelajaran
dengan menggunakan Strategi Peta Konsep Berbantu Media Audio Visual dapat
dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas
agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat.