PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA MINIATUR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DI KELAS IV SDN 01 SILIRAGUNG BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Abstract
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kolaboratif.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus prosesnya dimulai dari (1)
perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data
kuantitatif. Data-data yang didapat dari observasi dan wawancara dianalisis secara
kualitatif (dalam bentuk kata-kata). Data-data tersebut dikaji untuk mengetahui
bagaimana tindakan guru dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan
data-data dari tes pada siklus I dan siklus II dianalisis secara kuantitatif.
Pembelajaran kontekstual dengan media miniatur yang diterapkan dalam
penelitian ini terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada
siklus I aktivitas belajar siswa 67% dan pada siklus II mencapai 84%. Ketuntasan
hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64% atau rerata 16 siswa dan pada siklus II
mencapai 76% atau rerata 19 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa
dalam materi perkembangan teknologi komunikasi mencapai ketuntasan secara
klasikal.