IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. SUSU SEHAT ALAMI JEMBER
Abstract
Perubahan iklim bisnis di dunia semakin hari bergerak sangat cepat dan
dinamis. Perubahan tersebut biasanya saling berkaitan antara satu bagian dengan
bagian lainnya. Kebutuhan dan keinginan manusia pun semakin komplek, termasuk
kebutuhan fisik dasar akan makanan. Manusia memenuhi kebutuhan makanannya
dengan empat sehat lima sempurna. Faktor penyempurna tersebut adalah susu. Susu
memiliki banyak fungsi dan manfaat. Susu sapi merupakan salah satu sumber gizi
keluarga.
Perusahaan memasarkan produk ke masyarakat harus melihat kondisi
pasarnya terlebih dahulu. Strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan adalah
melalui bauran pemasaran. Bauran pemasaran ini haruslah diatur sedemikian rupa
sehingga akan dapat berfungsi sebagai senjata yang tepat dalam persaingannnya di
pasar melawan pesaing-pesaingnya, maka senjata itu harus disesuaikan dengan
keadaan pasar serta kondisi persaingan yang dihadapinya.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui implementasi bauran
pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan PT. Susu Sehat Alami Jember.
Penelitian ini dilakukan melalui wawancara beberapa informan yang ada pada PT.
Susu Sehat Alami. Peneliti mengidentifikasikan dan memilih informan yang
mengetahui topik penelitian secara mendalam. Penelitian ini dilakukan agar data
yang diangkat menjadi relevan dengan permasalahan. Hasil penelitian ini
membuktikan beberapa hal yang telah diterapkan perusahaan antara lain yaitu
kebijakan produk, kebijakan penetapan harga, kebijakan lokasi, kebijakan promosi
melalui advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct
marketing.