STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KREATIF DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA MEREK PADA PERUSAHAAN TAPE MANIS 96 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan atas dasar dari strategi pengembangan diversifikasi
produk yang diterapkan oleh perusahaan dimana perusahaan merupakan penghasil
produk dari makanan khas atau oleh-oleh khas Kota Jember. produk yang dihasilkan
ini sudah lama memakai label dari perusahaan yaitu “Tape Manis 96”. Label dari
perusahaan inilah yang dicoba dirubah oleh perusahaan dengan mengubah persepsi
masyarakat terhadap label merek dari perusahaan. Dengan tujuan dari peneliti dapat
mengetahui strategi pengembangan diversifikasi produk yang dipakai perusahaan
serta tujuan dari perusahaan menerapkan strategi pengembangan diversifikasi produk.
Penelitian ini menggunakan teori dasar dari pemasaran dan beberapa teori pendukung
tentang strategi pengembangan produk dan brand atau merek serta kreatifitas dan
inovasi produk. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif
kualitataif dimana semua data diolah dan kemudian dianalisis menggunakan reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Data awal dari
penelitian ini adalah dari Bapak Ibnu Sutjahjo yang merupakan (key informan)
dimana adalah informan kunci kemudian dikroscek tentang kevalidtan data
menggunakan analisi triangulasi data dan informan pendukung lainnya. Setelah
melakukan pengumpulan data kemudian dianalisi maka dibahas tentang bagaimana
strategi pengembangan diversifikasi produk yang dipakai dan diterapkan oleh
perusahaan dimana menitik beratkan kepada pemasaran dan produksi. Pemasaran ini
penerapan strategi pemasaran pada pada marketing mix yaitu : place, product,
promotion, price. Serta pada proses produksi dimana inovasi dan kreatif terhadap
produk meliputi : rasa, warna, bentuk, dan packaging atau kemasan. Produk yang
dihasilkan oleh perusahaan tape manis ini dalam menerapkan strategi kreatifnya tidak
semudah apa yang sudah direncanakan banyak kendala dan masalah yang dihadapi
oleh perusahaan antara lain waktu yang lama untuk mengubah pandangan masyarakat
terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan serta juga proses pengenalan
produk-produk baru kepada masyarakat akan tetapi seiring waktu maka perusahaan
dapat menerapkan strategi kreatifnya dengan peningkatan penjualan produk yang
tinggi.