Show simple item record

dc.contributor.authorRiska Antyanti Wasita
dc.date.accessioned2013-12-10T02:02:37Z
dc.date.available2013-12-10T02:02:37Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM060910202166
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7058
dc.description.abstractMemasuki era baru dimana lingkungan pemasaran menjadi kompleks dan ajang kompetisi dimulai, teknik pemasaran massal mendapatkan banyak tantangan yang disebabkan perubahan pada setiap aspek kehidupan. Perhatian yang semakin besar terhadap aspek pemasaran sudah seharusnya pada era kompetisi saat ini, dan dinilai penting sebab adanya kepercayaan bahwa perusahaan dengan keahlian pemasaran yang kuat memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan standar hidup masyarakat. Setiap perusahaan berusaha untuk menggunakan alat pemasaran yang lebih efektif dan efisien agar produk yang ditawarkan dapat langsung dinikmati oleh konsumennya, hal yang sama juga dilakukan oleh PT. Gawih Jaya Cabang Jember dalam memasarkan rokok wismilak. Penelitian ini meneliti mengenai implementasi personal selling rokok wismilak pada PT. Gawih Jaya Cabang Jember. PT. Gawih Jaya Cabang Jember merupakan perusahaan yang menangani pemasaran rokok wismilak. Berkaitan dengan fungsinya sebagai pemasar PT. Gawih Jaya Cabang Jember menggunakan tehnik personal selling guna menawarkan produk pada konsumennya. Adapun konsumen tersebut dibagi menjadi calon konsumen baru, pelanggan atau toko mitra, dan konsumen tingkat akhir. Pelaku personal selling Pada PT. Gawih Jaya Cabang Jember yang dimaksud adalah tenaga penjual, tenaga penjual dibagi menjadi tenaga penjual tim reguler dan tenaga penjual tim even. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian diskriptif dengan paradigma kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive dan dilakukan dengan mengambil informan-informan yang dipilih oleh peneliti secara sengaja menurut ciri-ciri khusus yang dimiliki sesuai dengan permasalahan yang digali. Informan dalam penelitian ini tidak dibatasi terlebih dahulu, tetapi dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan informasi yang diperlukan. Penelitian ini melibatkan beberapa informan diantaranya 1 informan kunci yaitu area sales manager dan 5 informan dari tenaga penjual pada masing-masing jabatan. Sebagai tenaga penjual, tim reguler merupakan ujung tombak dari perusahaan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh tenaga penjual tim reguler dipantau langsung oleh area sales manager, segala bentuk kegiatan implementasi personal selling disesuaikan dengan proses dan prosedur yang diterapkan oleh PT. Gawih Jaya Cabang Jember. Namun untuk kegiatan yang dilakukan oleh tenaga penjual tim even, program acara tidak diagendakan per tahunnya secara baku, meskipun demikian terdapat prosedur yang harus dipenuhi apabila akan mengadakan even atau acara khusus. Implementasi personal selling terhadap calon pelanggan baru dilakukan tenaga penjual melalui kunjungan rutin. Tujuan dilakukannya personal selling terhadap calon pelanggan baru yaitu untuk memperluas pasar, membangun kepercayaan serta tujuan utamanya yakni menciptakan dan meningkatkan penjualan. Implementasi personal selling terhadap toko mitra atau pelangan diwujudkan guna menjaga kerjasama yang telah terjalin, memberikan pelayanan serta meningkatkan penjualan. Implementasi personal selling terhadap konsumen tingkat akhir dilakukan oleh sales promotion girl dengan tujuan menjalin komunikasi guna memberikan pengetahuan tentang produk, serta yang terpenting adalah membentuk citra perusahaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910202166;
dc.subjectPersonal Sellingen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PERSONAL SELLING ROKOK WISMILAK PADA PT. GAWIH JAYA CABANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record