Show simple item record

dc.contributor.authorVina Ayu Damayanti
dc.date.accessioned2013-12-10T01:56:55Z
dc.date.available2013-12-10T01:56:55Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204164
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7045
dc.description.abstractJenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di SDN Kebonsari 1 Jember mulai tanggal 18 April sampai 2 Mei 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini, guru sebagai pelaksana tindakan sedangkan peneliti sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil belajar membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember setelah diterapkan model pembelajaran CIRC mengalami peningkatan. Siswa mampu menentukan ide pokok tiap paragraf, membuat kesimpulan dari isi bacaan dan mampu menceritakan kembali secara tertulis isi bacaan. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 60,4 dan siswa yang mendapat nilai  70 (tuntas) sebanyak 14 siswa (32,5%). Pada siklus I setelah diterapkan model pembelajaran CIRC terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 66,7 dan siswa yang mendapat nilai 70 (tuntas) sebanyak 21 atau sebesar 48,9% dari total 43 siswa dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 80 dan siswa yang mencapai ketuntasan nilai sebanyak 39 siswa atau sebesar 90,7% dari total 43 siswa. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil akhir membaca pemahaman siswa kelas V SDN Kebonsari I Jember sudah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal dan model pembelajaran CIRC terbukti dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman cerita anak. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah: (1) guru, disarankan untuk mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran CIRC ini sebagai alternatif untuk diterapkan pada pelajaran bahasa Indonesia dalam aspek membaca pemahaman cerita anak, (2) siswa, disarankan untuk mengikuti setiap tahap pembelajaran menggunakan model CIRC dengan bimbingan dari guru, (3) sekolah, bagi pihak sekolah hendaknya dalam kegiatan pembelajaran di kelas dapat menyediakan sarana atau media pembelajaran yang mendukung bagi guru dan siswa, (4) peneliti lain, diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitiannya untuk lebih baik lagi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204164;
dc.subjectMembaca Cerita Anak, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Padaen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CERITA ANAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 1 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record