STRATEGI POSITIONING PRODUK MILKU PADA PERSEROAN TERBATAS (PT) SUSU SEHAT ALAMI MANGLI JEMBER
Abstract
Susu merupakan nutrisi yang memiliki banyak kandungan gizi yang
dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi susu di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami
peningkatan. Kebutuhan susu dalam negeri yang semakin meningkat dari tahun ke
tahun tidak diimbangi dengan produksi susu yang meningkat pula, akan tetapi Negara
masih membutuhkan pasokan susu dari luar negeri. Hal ini merupakan peluang dalam
memasuki industri pengolahan susu.
PT. Susu Sehat Alami merupakan salah satu industri pengolahan susu yang
terdapat di Jember. Pemasaran produk susu PT. Susu Sehat Alami dengan merek
Milku dihadapkan pada kondisi persaingan yang semakin ketat dengan adanya
industri pengolahan susu lokal maupun yang bertaraf Nasional. Menghadapi kondisi
pasar yang ada manajemen perusahaan harus mampu merumuskan strategi
pemasaran. Berdasarkan Kondisi pasar seperti itu maka perusahaan harus mampu
bersaing dalam mendapatkan kepercayaan konsumen untuk mengkonsumsi
produknya. Usaha mendapatkan kepercayaan ini dapat dilakukan dengan cara
penempatan produk (Positioning) mereka di benak konsumen.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif paradigma kualitatif
melalui beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan dan wawancara kepada
informan yang berkaitan dengan strategi Positioning dalam PT. Susu Sehat Alami.
Hasil wawancara yang dilakukan peneliti bahwa di PT. Susu Sehat Alami
menggunakan strategi Positioning. Adapun langkah-langkah yang dilakukan PT.
Susu Sehat Alami adalah melalui segmentasi pasar, penetapan target market dan
Positioning.
Segmentasi yang dilakukan menggunakan beberapa variabel yaitu geografis,
demografis, psikografis dan perilaku. Hasil dari segmentasi bahwa PT. Susu Sehat
Alami memasuki multi segmen yaitu segmen anak-anak, remaja dan kalangan atas.
Daerah yang dipilih adalah Jember, Bondowoso, Probolinggo, Bangil, Surabaya,
Banyuwangi dan Bali. Target market marupakan langkah selanjutnya, adapun target
market adalah anak-anak TK, SD, SMP, SMA, Ibu-ibu rumah tangga, industri
dibidang kimia, hotel, restoran dan cafe
Strategi Positioning yang dilakukan oleh PT. Susu Sehat Alami lebih
menekankan pada varian produk milku. PT. Susu Sehat Alami memperkenalkan
produknya sebagai minuman kesehatan yang berfungsi sebagai sumber energi. Hal ini
dikomunikasikan kepada konsumen melalui promosi, even dan penyebaran brosur
dengan diperkuat slogan (Positioning statement) “Milku, Sumber Energi Hariku”.
Positioning diperkuat dengan pembedaan layanan dan citra. Layanan yang diberikan
perusahaan adalah pemesanan melalui telepon (Delivery Order), sedangan citra yang
ditanamkan adalah melalui merek “Milku”, logo kepala sapi, slogan dan event yang
diikuti.