• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENANGANI KELUHAN NASABAH KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ina Syarifah.pdf (107.6Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Ina Syarifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perbankan. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember melibatkan costumer services dan loan service dalam menjalankan komunikasi dengan publik sasaran. Customer service dan loan service PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember menjalankan peranan public relations untuk membina hubungan dengan publik sasaran dan mendukung tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan public relations dalam menangani keluhan nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan paradigma kualitatif. Tahap analisis data digunakan analisis domain dan taksonomi dengan menggunakan metode snowball dan dalam menentukan informan, peneliti menggunakan purposive sampling. Penarikan kesimpulan pada penelitian dilakukan secara induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa public relations sebagai metode komunikasi pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember. Customer service dan loan service menjalankan peranan public relations dalam memberikan layanan komunikasi terhadap nasabah. Penanganan keluhan nasabah untuk produk dana, jasa dan layanan, produk dana dan BTN syariah diserahkan kepada customer service, sedangkan untuk produk Kredit Pemilikan Rumah diserahkan kepada unit loan service. Peranan public relations yang dijalankan oleh loan service dalam penanganan keluhan nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) adalah sebagai communication fasilitator dan problem solving process fasilitator. Peranan public relations sebagai communication fasilitator terdiri dari beberapa penerapan komunikasi yang dilakukan oleh loan service sebagai relationship, mediator dan back up management.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7028
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository