ANALISIS STRUKTUR DAN PERILAKU SERTA KINERJA PASAR UBI KAYU DI DESA
View/ Open
Date
2014Author
Siti Navisa
Anik Suwandari
Julian Adam Ridjal
Metadata
Show full item recordAbstract
Usahatani ubi kayu dilakukan secara berkala dan berkelanjutan di Desa Jambewungu didukung oleh potensi alam yang terdiri dari keadaan
tanah dan cuaca yang dapat menghasilkan produk unggulan sebagai bahan dasar untuk membuat tape. Pemasaran yang dilakukan petani ubi
kayu melalui 2 cara, yaitu dijual langsung ke pedagang dan dijual langsung pada pembuat tape maupun industri pembuatan tepung tapioka .
Sistem pemasaran yang berbeda ini tentunya mengakibatkan biaya dan pendapatan yang didapatkan juga berbeda. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui tentang (1) Struktur pasar yang terbentuk pada pasar ubi kayu, (2) Perilaku pasar yang terbentuk pada pasar ubi kayu, (3)
Keragaan pasar yang dilihat dari saluran pemasaran dan efisiensi pasar di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso .
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitik. Analisis data yang digunakan adalah Konsentrasi rasio (Cr),
deskriptif kualitatif dengan melihat kegiatan yang tercipta pada lembaga pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) struktur pasar yang terjadi di Desa Jambewungu Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso adalah pasar
persaingan tidak sempurna yang cenderung mengarah pada sifat monopoli dengan konsentrasi tinggi, (2) perilaku pasar yang terjadi pada
pasar ubi kayu yaitu pada penentuan harga lebih banyak ditentukan oleh pedagang dan tidak ada kerjasama antar pedagang, (3) keragaan
pasar yang dilihat dari efisiensi pasar menunjukkan bahwa saluran kedua yaitu petani-pedagang-pembuat tape merupakan saluran yang paling
efisien.