IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS IVB SEMESTER 2 SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan
kelas (PTK), pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi,
dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data
yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap nilai tes siklus I dan nilai
tes siklus II, dan hasil analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS
berlangsung.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pokok bahasan
perekonomian masyarakat pada dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar
pada siklus I sudah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal, sedangkan pada siklus II
aktivitas dan hasil belajar siswa kembali mengalami peningkatan. Pelaksanaan siklus
II ini merupakan siklus pemantapan karena pada siklus I sudah tuntas, maka siklus II
dilakukan sebagai pemantapan.