dc.description.abstract | Fenomena tentang pentingnya kepuasan terjadi pada produsen Honda
membuat Honda harus memperhatikan faktor-faktor yang mampu meningkatkan
kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen produk
motor serta faktor apa saja yang menempati urutan pertama dalam mempengaruhi
kepuasan konsumen produk motor matic Honda Vario Techno di Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen pengguna produk Honda Vario Techno di Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Jumlah sampel sebanyak 85 konsumen. Metode analisis data
menggunakan uji instrumen data dan analisis faktor.
Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang
mempengaruhi kepuasan dari 17 terbentuk tiga faktor yang berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen produk motor
matic Honda Vario Techno. Faktor pertama (F1)
dinamakan faktor keandalan mesin yang terdiri dari model/bentuk, kekuatan mesin,
kecepatan, kehalusan suara dan keiritan bahan bakar. Faktor kedua (F2) dinamakan
dinamakan harga produk terdiri dari harga suku cadang, harga jual, jangka waktu
pembelian dan jangka waktu pemberian garansi. Faktor ketiga (F3) dinamakan
faktor desain yang terdiri dari desain body, kombinasi warna, kelengkapan
peralatan dan pilihan warna Berdasarkan faktor yang terbentuk dalam
mempengaruhi kepuasan yaitu faktor yang menempati urutan pertama (F1)
dinamakan faktor keandalan mesin yang terdiri dari model/bentuk, kekuatan mesin,
kecepatan, kehalusan suara dan keiritan bahan bakar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tiga faktor yang
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen produk motor
matic Honda Vario
Techno faktor keandalan mesin, harga produk dan faktor desain. | en_US |