dc.contributor.author | RINI HARDIYANI | |
dc.date.accessioned | 2013-12-10T01:32:11Z | |
dc.date.available | 2013-12-10T01:32:11Z | |
dc.date.issued | 2013-12-10 | |
dc.identifier.nim | NIM090810251012 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7004 | |
dc.description.abstract | Antri merupakan kegiatan menunggu giliran untuk dilayani. Kegiatan antri
timbul karena jumlah fasilitas pelayanan jasa lebih sedikit dibandingkan dengan
jumlah orang yang memerlukan pelayanan yang bersangkutan. Dalam suatu
antrian, fenomena menunggu merupakan akibat dari kedatangan pelanggan dan
waktu pelayanan yang tidak seimbang. Penggunaan model antrian dapat
membantu pihak manajemen dalam menentukan jumlah kasir yang optimal pada
sistem pembayaran Supermarket di Golden Market Jember supaya masalah
antrian dapat dikurangi pada saat ramai dan mengurangi waktu menganggur pada
kasir sehingga pihak Supermarket di Golden Market Jember dapat memberikan
kinerja yang optimal dalam pelayanan.
Dalam Penelitian ini digunakan analisis sistem antrian jalur berganda
(M/M/S). Proses perhitungan data menggunakan manual dan perangkat lunak
“Quantitative for windows” dengan modul Waiting Lines. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa kinerja sistem antrian yang ada kurang optimal karena
mempunyai tingkat kegunaan fasilitas yang rendah dan tingkat kesibukan kasir
pun masih rendah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090810251012; | |
dc.subject | Kasir, Teori antrian, Model antrian jalur berganda (M/M/S), Pengoptimalan pelayanan | en_US |
dc.title | ANALISIS PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA SISTEM PEMBAYARAN SUPERMARKET DI GOLDEN MARKET JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |