Show simple item record

dc.contributor.authorRINI HARDIYANI
dc.date.accessioned2013-12-10T01:32:11Z
dc.date.available2013-12-10T01:32:11Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090810251012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7004
dc.description.abstractAntri merupakan kegiatan menunggu giliran untuk dilayani. Kegiatan antri timbul karena jumlah fasilitas pelayanan jasa lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang memerlukan pelayanan yang bersangkutan. Dalam suatu antrian, fenomena menunggu merupakan akibat dari kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan yang tidak seimbang. Penggunaan model antrian dapat membantu pihak manajemen dalam menentukan jumlah kasir yang optimal pada sistem pembayaran Supermarket di Golden Market Jember supaya masalah antrian dapat dikurangi pada saat ramai dan mengurangi waktu menganggur pada kasir sehingga pihak Supermarket di Golden Market Jember dapat memberikan kinerja yang optimal dalam pelayanan. Dalam Penelitian ini digunakan analisis sistem antrian jalur berganda (M/M/S). Proses perhitungan data menggunakan manual dan perangkat lunak “Quantitative for windows” dengan modul Waiting Lines. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kinerja sistem antrian yang ada kurang optimal karena mempunyai tingkat kegunaan fasilitas yang rendah dan tingkat kesibukan kasir pun masih rendah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090810251012;
dc.subjectKasir, Teori antrian, Model antrian jalur berganda (M/M/S), Pengoptimalan pelayananen_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA SISTEM PEMBAYARAN SUPERMARKET DI GOLDEN MARKET JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record