• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EVALUASI PENERAPAN ISO 9001:2008 DALAM MENINGKATKAN MUTU JASA PELAYANAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT PERKEBUNAN (JEMBER KLINIK)

    Thumbnail
    View/Open
    Resky Kristianti.pdf (2.986Mb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Resky Kristianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ISO 9001:2008 merupakan suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu / kualitas. Dalam perusahaan jasa, kualitas yang ditawarkan kepada pelanggan sangat menentukan dalam mendapatkan pelanggan. Standart kualitas yang diperlukan perlu diperhatikan oleh perusahaan jasa demi tercapainya kualitas pelayanan yang optimal. Hal ini menuntut perusahaan untuk selalu memperbaiki kualitas pelayanannya secara terus menerus. Untuk itu, Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik) membuktikan diri sebagai rumah sakit dengan layanan prima yang meraih sertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2009 yang dikeluarkan oleh NQA (National Quality Assurance). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik) dan menganalisis kesesuaian persyaratan dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dengan apa yang telah diterapkan oleh Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik). Penelitian ini akan mendeskripsikan situasi dan kondisi atau suatu kejadian di lapangan sehubungan dengan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di lingkungan Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil dari kegiatan tersebut mendasari penyusunan kuisioner guna menilai persepsi dan harapan pelanggan terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik). Alat yang digunakan untuk mengolah data kuisioner adalah metode servqual dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ISO 9001:2008 pada Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik) telah memenuhi seluruh klausul yang dipersyaratkan dalam ISO 9001:2008 dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan telah memenuhi standart. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan survey kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan kepada pelanggan Rumah Sakit Perkebunan (Jember Klinik) yang berdasarkan atas lima dimensi mutu servqual bahwa dari 100 responden, sebanyak 37% diantaranya merasa sangat puas dan 63% lainnya merasa puas terhadap pelayanan yang telah mereka terima.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6999
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository