PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III POKOK BAHASAN MENGENAL FUNGSI UANG SESUAI KEBUTUHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SDN MANGLI 01 JEMBER
Abstract
enis penelitian yang digunakan adalah Jenis Penelitian Tindakan kelas yang
diterapkan pada siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember yang berjumlah 33 siswa.
Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode
observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada
siklus 1 dan siklus 2 . Persentase ketuntasan siswa secara klasikal pada siklus I dan II
adalah 75,76% dan 87,88%. Persentase ketuntasan siswa kelas III secara klasikal
tersebut menunjukkan peningkatan yang sangat besar jika dibandingkan dengan nilai
awal siswa yang hanya 33,33%. Nilai siswa tersebut diperoleh dari tes/kuis yang
dilakukan oleh guru. Sedangkan untuk rata-rata nilai siswa kelas III juga mengalami
peningkatan yang cukup baik, rata-rata awal nilai siswa menunjukkan 61,50%
kemudian meningkat pada siklus I menjadi 68,78. Kemudian pada siklus II rata-rata
nilai siswa mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat menjadi 76,36.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative
learning tipe Students Team Achievement Divisions (STAD) meningkatkan hasil
belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal fungsi uang
sesuai kebutuhan di SDN Mangli 01 Jember. Berdasarkan penelitian mengenai
penerapan metode STAD maka dapat diberikan saran sebagai berikut; (a) Bagi guru,
penerapan metode STAD dapat dijadikan salah satu alternatif metode untuk
diterapkan di kelas dan juga sebagai motivasi bagi guru untuk menerapkan metodemetode
yang bervariatif dalam pembelajaran. (b) Bagi peneliti lain, perlu pelaksanan
penelitian lebih lanjut mengenai metode STAD serta mengkombinasikan dengan
metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai. (c) Dalam penerapan metode STAD
maupun metode-metode lain sebaiknya semua siswa memahami langkah-langkah
yang harus dilakukan dalam kegiatan agar pembelajaran berjalan baik dan lancar.