• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III POKOK BAHASAN MENGENAL FUNGSI UANG SESUAI KEBUTUHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SDN MANGLI 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Suwardi.pdf (191.1Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    SUWARDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    enis penelitian yang digunakan adalah Jenis Penelitian Tindakan kelas yang diterapkan pada siswa kelas III SDN Mangli 01 Jember yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 . Persentase ketuntasan siswa secara klasikal pada siklus I dan II adalah 75,76% dan 87,88%. Persentase ketuntasan siswa kelas III secara klasikal tersebut menunjukkan peningkatan yang sangat besar jika dibandingkan dengan nilai awal siswa yang hanya 33,33%. Nilai siswa tersebut diperoleh dari tes/kuis yang dilakukan oleh guru. Sedangkan untuk rata-rata nilai siswa kelas III juga mengalami peningkatan yang cukup baik, rata-rata awal nilai siswa menunjukkan 61,50% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 68,78. Kemudian pada siklus II rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat menjadi 76,36. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan cooperative learning tipe Students Team Achievement Divisions (STAD) meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal fungsi uang sesuai kebutuhan di SDN Mangli 01 Jember. Berdasarkan penelitian mengenai penerapan metode STAD maka dapat diberikan saran sebagai berikut; (a) Bagi guru, penerapan metode STAD dapat dijadikan salah satu alternatif metode untuk diterapkan di kelas dan juga sebagai motivasi bagi guru untuk menerapkan metodemetode yang bervariatif dalam pembelajaran. (b) Bagi peneliti lain, perlu pelaksanan penelitian lebih lanjut mengenai metode STAD serta mengkombinasikan dengan metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai. (c) Dalam penerapan metode STAD maupun metode-metode lain sebaiknya semua siswa memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan agar pembelajaran berjalan baik dan lancar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6996
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository