Show simple item record

dc.contributor.authorSUPIRMAN
dc.date.accessioned2013-12-10T01:16:16Z
dc.date.available2013-12-10T01:16:16Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204062
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6990
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 05 Jember pada Tanggal 06 Mei sampai dengan 24 Mei 2011. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebosari 05 pada semester genap tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 38 siswa. Pada penelitian ini menggunakan analisis data statistic desktriptif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan Taggart, yang mana dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan pemberian tes. Analisis data dilakukan untuk menghitung persentase peningkatan aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes belajar siswa, dihitung dengan menggunakan rumus Pa= A/N x 100%, dimana Pa:Persentase aktivitas siswa, A:Jumlah siswa yang aktif, N:Jumlah siswa keseluruhan dan Pt= n/N x 100%, dimana Pt:Persentase peningkatan hasil belajar, n:Jumlah siswa yang tuntas hasil belajarnya, dan N:Jumlah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus Persentase aktivitas belajar siswa 39,48% dan pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 52,63%, dan pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86,84%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, dari pra siklus, siklus I dan siklus II, dimana pada saat pra siklus persentase peningkatan hasil belajar siswa 42,10%, pada siklus I meningkat menjadi 55,27%. Sedangkan pada siklus II, persentase peningkatan hasil belajar siswa meningkat menjadi 94,73%. Dengan persentase peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut di atas, maka penelitian dengan menerapkan metode penemuan (discovery) dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifatnya pada siswa kelas V SDN Kebonsari 05 Jember ini dikatakan berhasil.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204062;
dc.subjectIPA, Cahaya dan Sifatnya, Penemuan (Discovery) Padaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN CAHAYA DAN SIFATNYA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 05 JEMBER TAHUN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record