MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 05 TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 43 anak.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang
dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap , tes yaitu tugas menulis cerita
siklus I dan tes pada sklus II, analisis hasil menulis cerita siswa dengan menggunakan
media gambar seri.. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 18 November
sampai dengan pelaksanaan pembelajaran siklus I dan Siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemapuan guru dalam
melaksanakan pembelajaran hendaknya menggunakan media untuk tercapainya
tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.(2) dalam pemeblajara menulis cerita
perlunya guru menggunakan media gambar seri agar siswa dapat mengembangkan
ide, termitivasi, dan dapat berimajinasi yang ditungkan dalam bentuk tulisan (3)
Hasil belajar siswa pembelajaran menulis cerita dapat ditingkatkan melalui
penggunaan media gambar seri. Dari hasil pembelajaran menulis cerita setelah
menggunakan media gambar seri dari setiap siklus mengalami peningkatan yang
sangat baik dari tahap prasiklus yang mana persentase ketuntasan belajar pada tahap
prasiklus yaitu 41,8%, pada tindakan siklus I menjadi meningkat dengan rata-rata 65
ketuntasan belajar siswa mencapai 53,4%, dan pada siklus II menjadi lebih meningkat
dengan nilai rata-rata 71 ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 83% .Dari
hasil diatas dapat disimpulan bahwa penggunaan media gambar seri dapat
meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa dikelas III SDN Kebonsari 05
Jember.