• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 05 TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Suparman B.N..pdf (396.9Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    SUPARMAN B.N.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 43 anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap , tes yaitu tugas menulis cerita siklus I dan tes pada sklus II, analisis hasil menulis cerita siswa dengan menggunakan media gambar seri.. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 18 November sampai dengan pelaksanaan pembelajaran siklus I dan Siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemapuan guru dalam melaksanakan pembelajaran hendaknya menggunakan media untuk tercapainya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.(2) dalam pemeblajara menulis cerita perlunya guru menggunakan media gambar seri agar siswa dapat mengembangkan ide, termitivasi, dan dapat berimajinasi yang ditungkan dalam bentuk tulisan (3) Hasil belajar siswa pembelajaran menulis cerita dapat ditingkatkan melalui penggunaan media gambar seri. Dari hasil pembelajaran menulis cerita setelah menggunakan media gambar seri dari setiap siklus mengalami peningkatan yang sangat baik dari tahap prasiklus yang mana persentase ketuntasan belajar pada tahap prasiklus yaitu 41,8%, pada tindakan siklus I menjadi meningkat dengan rata-rata 65 ketuntasan belajar siswa mencapai 53,4%, dan pada siklus II menjadi lebih meningkat dengan nilai rata-rata 71 ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 83% .Dari hasil diatas dapat disimpulan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa dikelas III SDN Kebonsari 05 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6988
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository