MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA SISWA KELAS II SDN KEBONSARI 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah proses
penggunaan kartu kata yang dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulaan dengan menggunakan kartu kata Siswa Kelas II SDN Kebonsari 01
Tahun Pelajaran 2010/2011?; (2) bagaimanakh peningkatan hasil belajar siswa
dengan menggunakan kartu kata dalam meningkatkan kemampuan memabca
permulaan siswa kelas II SDN Kebonsari 01?. Sedangkan tujuan penelitian ini
yaitu untuk mendeskripsikan proses penggunaan kartu akta yang dapat
meningkatkan kekamampuan membaca permulaan siswa kellas Ii SDN
Kebonsari 01, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan kartu kata dalam mengikatkan kemampuan membaca permulaan
siswa kelas II SDN Kebonsari 01.
Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 01 pada semester genap.
Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas II SDN Kebonsari 01 tahun
pelajaran 2010/2011, yang berjumlah 35 orang yang teridirii dari 20 orang
perempuan dan 15 orang alki-laki. Penelitian ini merupaka penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari 2 sikllus. Teknik pengumpulan data yang digunaka
adalah teknik observasi, teknik wawancaara, teknik tes.
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan
membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata terlihat adanya suatu
peningkatan hasil belaja siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan pada
siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan memabca siswa
71,71 dan pada siklus II yaitu 83,42. Meningktanya nilai ini disebabkan oleh
perlakuan/tindakan siklus II. Dari nilai-nilai pada siklus II ini, dapat diketahui
bahwa 31 siswa (88,57%) telah mencapi indicator kinerja atau mencapai nilai
65 ke atas. Hal ini menunjukkan bahwa, kemampuan memabca permulaan
siswa kelas II telah menacapai apa yang diharapkan atau talah menunjukkan
hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, penelitian tindakan dihentikan pada
siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan
membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata dapat berjalan dengan
baik dan mendapat respon positif dari kelas II SDN Kebonsari 01. Peningkatan
hasilbelajar siswa dengan menggunakan kartu kata ini adalah megalami
pengingkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan nilai rerata pada pra
siklus 61,71, menjadi 71,71 pada silus I. kemudian, nilai rerata pada siklus I,
yakni menjadi 71,71 menjadi 83,42 pada siklus II. Meningkatnya nilai ini
disebabkan oleh perlakuan/tindakan pada setiap siklus.