dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilakukan di SDN Kebonsari 01 Jember. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas
III SDN Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 48 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes.
Kesimpulan penelitian menunjukkan melalui penerapan metode demonstrasi
dalam pembelajaran membaca lancar, nilai membaca siswa meningkat menjadi 58,33
% pada siklus I (siswa yang memperoleh nilai di atas 60 sejumlah 20 siswa atau
58,33 % dan siswa yang memperoleh nilai di atas 60 berjumlah 28 siswa atau 41,68
%) sedangkan pada siklus II mencapai 83, 33 % (40 siswa memperoleh nilai di atas
60 ada 8 siswa atau 16,67 % memperoleh nilai di bawah 60). Pada siklus I
kemampuan membaca lancar siswa yang paling menonjol adalah pada intonasi
sedangkan lafal, kelancaran, dan keberanian masih kurang baik (belum tuntas). Guru
melakukan perbaikan dengan memberikan penjelasan lebih dalam tentang tanda baca
dan memberikan tambahan latihan membaca lancar. Pada siklus II kemampuan
membaca lancar siswa meningkat baik lafal, intonasi, jeda, kelancaran, maupun
keberanian. | en_US |