PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE ( TPS ) DI KELAS V SDN JEMBER KIDUL 03 TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS di SD disebabkan oleh beberapa faktor
salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih terlalu
berpusat pada guru. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru
harus berperan aktif untuk menciptakan model pembelajaran. Model pembelajaran
tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang akan dikaji
pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas V SDN Jember Kidul 03 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia menggunakan model
kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) Tahun Pelajaran 2011 – 2012 ?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) pada mata
pelajaran IPS siswa kelas V SDN Jember Kidul 03 Tahun Pelajaran 2011 - 2012.
Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Jember Kidul 03.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara,
tes dan dokumentasi.
Hasil analisis aktivitas siswa selama pembelajaran IPS aktivitas belajar
siswa pada pra siklus siswa kurang aktif yaitu 25, 66 %, kemudian pada siklus I
meningkat menjadi 59,21 % (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II meningkat
menjadi 82,88 % (kriteria aktif). Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil belajar
siswa yang diperoleh dari persentase hasil belajar siklus I secara klasikal sebesar
73,68 % dan siklus II mengalami peningkatan secara klasikal sebesar 89,47 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) untuk meningkatkan aktivitas belajar
siswa berjalan dengan baik dengan aktivitas belajar siswa pada siklus I 59,21 %,
sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,61 %, dari hasil di atas terjadi
peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,40 % (2)
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata hasil belajar siswa
secara klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran tipe Think – Pair –
Share ( TPS ) adalah 59 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 47,38 %.
Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,82 dengan presentase
ketuntasan secara klasikal 73,63 %, sedangkan pada siklus II mengalami
peningkatan rata-rata hasil belajar yaitu 86,18 dengan presentase ketuntasan
secara klasikal 89,47 %, dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi
peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 12,82
kemudian pada siklus I ke siklus II dengan selisih 14,36.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan adalah (1)
Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
Think – Pair – Share ( TPS ) sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS di
Sekolah Dasar (2) Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi sekolah sebagai
pertimbangan untuk meningkatkan pembelajaran dimasa yang akan datang (3)
Bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan
secara individu agar siswa memahami tata cara diskusi, mempresentasikan hasil
diskusi dan siap dalam menerima materi pembelajaran (4) Penelitian ini juga
dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan
pokok bahasan yang tentunya berbeda.