Show simple item record

dc.contributor.authorRENI FITA MEGAWATI
dc.date.accessioned2013-12-10T00:49:22Z
dc.date.available2013-12-10T00:49:22Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM060210101251
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6976
dc.description.abstractDalam mengajar matematika guru tidak hanya dituntut menguasai materi yang diajarkan, namun harus mampu pula menyajikannya baik dalam kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu guru harus dapat memilih metode mengajar yang tepat untuk menyajikan materi pelajaran agar siswa dapat belajar dengan efisien dan efektif. Salah satunya adalah metode diskusi strategi Buzz Group. Karena dalam metode diskusi strategi Buzz Group dituntut keaktifan siswa untuk berpartisipasi dalam membahas atau memecahkan masalah bersama setelah siswa tersebut memperoleh pembelajaran secara klasikal dari guru. Untuk pembelajaran yang menggunakan metode diskusi strategi Buzz Group, diperlukan suatu pembelajaran yang menitik beratkan pada keaktifan siswa. Salah satunya adalah pembelajaran yang dikembangkan oleh Robert M. Gagne. Gagne menyatakan bahwa proses belajar siswa harus melalui delapan fase, yaitu fase motivasi, fase pengenalan, fase perolehan, fase penyimpanan, fase pemanggilan, fase penampilan, fase generalisasi dan fase umpan balik. Permasalahan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan pembelajaran matematika yang berbasis teori belajar Gagne menggunakan metode diskusi strategi Buzz Group? bagaimana aktivitas siswa dan ketuntasan belajar siswa selama pembelajaran matematika yang berbasis teori belajar Gagne menggunakan metode diskusi strategi Buzz Group? Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMPN 13 Jember tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 41 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 17 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan pemberian tugas. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 19 Juli hingga 16 Agustus 2011. Pelaksanaan siklus I dan II tidak jauh berbeda, namun persentase ketuntasan belajar lebih ditingkatkan lagi yakni 80%. Hal itu dapat terjadi karena pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan yang nantinya mampu menunjang ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan pada siklus 1, yaitu pada pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 mengalami peningkatan. Sedangkan presentase aktivitas siswa pada siklus 2, yaitu pada pembelajaran 3 dan pembelajaran 4 mengalami sedikit penurunan. Presentase aktivitas yang mengalami penurunan, tidak hanya terjadi pada aktivitas siswa saja, namun aktivitas guru (peneliti) juga mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena alokasi waktu pada pembelajaran 4 sangat terbatas, yaitu hanya 2 x 25 menit. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif berupa hasil observasi aktivitas siswa dan guru sedangkan data kuantitatif berupa nilai dari penilaian tugas (PR), tes akhir, juga data numerik dari observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis pada hasil observasi, diketahui bahwa siswa menyenangi pembelajaran yang berbasis teori belajar Gagne menggunakan metode diskusi strategi Buzz Group. Siswa mengikuti kegiatan pembelajaran kelompok dengan aktif. Dalam setiap kelompok, siswa melangsungkan diskusi untuk menuntaskan dan memahami materi yang disajikan dalam LKS. Siswa saling membantu satu sama lain dalam satu kelompok, meskipun setiap kelompok berdiskusi dengan cara yang berbeda. Secara keseluruhan, persentase aktivitas siswa dari pembelajaran pertama sampai terakhir mengalami peningkatan. Hal itu berdampak pada persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pembelajaran pertama sampai yang terakhir.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101251;
dc.subjectTEORI GAGNE, METODE DISKUSI BUZZ GROUPen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN OPERASI PADA BILANGAN BULAT BERBASIS TEORI GAGNE DENGAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record