• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Sri Rahmawati.pdf (1.860Mb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    SRI RAHMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian dilakukan di SD Negeri Sumberjati 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil adalah seluruh siswa kelas 1 SD Negeri Sumberjati 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan data yang dikumpulkan adalah aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Dalam pembelajaran materi Operasi Hitung Bilangan setelah penerapan cooperative learning menggunakan media gambar terlihat adanya suatu peningkatan aktivitas dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 73,69% dan pada siklus 2 kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 92,11%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1 dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 20%. Pada siklus 1 sebenarnya sudah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 70% tetapi tetap dilanjutkan ke siklus 2 sebagai pemantapan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan cooperative learning menggunakan media gambar pada materi Operasi Hitung Bilangan berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru Matematika kelas 1 SD Negeri Sumberjati 01 Jember, selain itu dengan penerapan cooperative learning menggunakan media gambar juga dapat membuar siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran dikelas karena siswa diberi kesempatan menemukan dan mengemukakan pendapatnya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6971
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository